PENERAPAN DISIPLIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR PEMERINTAH KECAMATAN (Suatu Studi di Kantor Kecamatan Mapanget Kota Manado)
Abstract
ABSTRAKDalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dibutuhkan penerapan disiplin yang tinggi. Oleh sebab itu organisasi harus menciptakan disiplin kerja yang tinggi dalam rangka pencapaian tujuan. Karena disiplin dalam pekerjaan sangat penting bagi suatu organisasi, sebab tanpa disiplin tidak akan ada usaha bersama yang konstruktif di dalam nencapai tujuan bersama. Kecamatan Mapanget merupakan salah satu ujung tombak pelayanan masyarakat yang ada di Kota Manado, dalam pelayanannya membutuhkan tenaga yang professional dan mampu menghadapi tekanan pekerjaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan disiplin dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai kecamatan demi mendapatkan kualitas pekerjaan yang maksimal. Kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil merupakan suatu kemutlakan. Terlebih lagi Pegawai Negeri Sipil yang bertugas di daerah kecamatan karena mereka merupakan agen pemerintah yang berfungsi sebagai unit pelayan langsung kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menggambarkan secara rinci lewat wawancara dengan para informan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan pegawai cukup baik, terlihat dari indicator-indikator yang digunakan lewat wawancara mendalam kepada para informan dan informan kunci, menunjukkan hasil positif meskipun tidak terlepas dari beberapa kekurangan. Untuk kedepannya diharapkan kepada Pemerintah khususnya camat agar dapat memberikan sanksi yang tegas untuk memberikan efek jerah bagi pegawai yang tidak disiplin.Key Words : Disiplin, Pegawai
Â
Â