Analisis preferensi konsumen dalam membeli daging babi hutan di pasar tradisional Kawangkoan kecamatan Kawangkoan kabupaten Minahasa
Abstrak
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis perbedaan preferensi konsumen
dalam membeli daging babi hutan di psar tradisional Kawangkoan dan sikap
konsumen terhadap bebagai atribut daging babi hutan di pasar tradisional
Kawangkoan. Penelitian ini dilaksanakan di psar tradisional Kawangkoan pada
bulan Maret-Juni 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey
dengan wawancara yang menggunakan daftar pertanyaan kuesioner. sampel
dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah responden 50
orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data
yang digunakan adalah Chi-Square dan analisis multiatribut fishbien. Hasil
analisis Chi- Square menunjukan bahwa semua atribut yang diteliti berbeda nyata
pada taraf kepercayaan 95%. Berarti terdapat perbedaan preferensi konsumen
terhadap atribut yang ada pada daging babi hutan. Berdasarkan analisis
Multiatribut Fishbien diketahui bahwa seluruh atribut daging babi hutan
dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan pembelian daging babi hutan.
Daging babi hutan yang menjadi preferensi konsumen di pasar tradisional
Kawangkoan. Sikap konsumen terhadap atribut daging babi hutan yang paling
dipertimbangkan dalam keputusan pembelian daging babi hutan di pasar
tradisional Kawangkoan adalah warna daging babi hutan. Urutan atribut daging
babi hutan dari yang paling dipertimbangkan adalah warna daging, lapisan
lemak, dan aroma daging. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut-atribut daging babi hutan yang
dipertimbangkan warna daging, lapisan lemak dan aroma daging.
Kata Kunci: Daging babi hutan, Preferensi konsumen, Analisis Chi-Square,
Analisis Multiatribut Fishben