Edukasi Literasi Digital Bagi Kaum Ibu dan Pemuda Remaja di Jemaat Bukit Karmel Bitung

Authors

  • Wehelmina Rumawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35801/tsss.2022.4.2.43564

Keywords:

literasi digital, pelatihan, media sosial

Abstract

The development of internet technology has had a significant impact on obtaining information. This development is accompanied by various social media applications that have sprung up such as Facebook, Twitter, YouTube, WhatsApp and so on, which can be utilized by the public and the government in conveying information. On the other hand, the use of social media is misused by several individuals in conveying hoaxes and negative content. Therefore, the PKM team carried out digital literacy education activities for mothers and youth of the Bukit Karmel Bitung Congregation. This PKM activity aims to provide the individual understanding and ability to use social media. The implementation method is carried out using training in the form of lectures and discussions. The result of this activity is an increase in the ability to read, compose sentences and write information on social media and counteract negative content and fake news.

Keywords: digital literacy; training; social media


Abstrak

Perkembangan teknologi internet memberikan dampak yang signifikan dalam memperoleh informasi. Perkembangan tersebut diiringi oleh berbagai aplikasi media sosial yang bermunculan seperti Facebook, twiter, youtube, whatsapp dan lain sebagainya, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat maupun pemerintah dalam menyampaikan informasi. Di sisi lain, pemanfaatan media sosial disalahgunakan oleh beberapa oknum dalam meyampaikan berita bohong (hoaks) dan konten negatif. Oleh karena itu tim PKM melakukan kegiatan edukasi literasi digital bagi kaum ibu dan pemuda remaja Jemaat Bukit Karmel Bitung. Tujuan kegiatan PKM ini adalah memberi pemahaman serta kemampuan individu dalam menggunakan media sosial.  Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara pelatihan dalam bentuk ceramah dan diskusi. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi di media sosial serta kemampuan menangkal konten negatif dan berita bohong.


References

Baroroh, J.K.S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, Vol. 8, No. 2.

Gaol, D.F.L. (2020). Sosialisasi Literasi Digital pada Remaja Karang Taruna Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara. IKRAITH-ABDIMAS, Vol 3 No 1.

Hermawan, T.A. (2022). Kenali Matthew Effect Tingkat Literasi dan Penanganannya. Kenali Matthew Effect Tingkat Literasi dan Penanganannya - ITS News. Diakses pada 8 September 2022.

Indrawati, F., Hikmah, N., dan Mailizar. (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika melalui Literasi Digital. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 04 No. 05.

Nuryama, R. (2022). Penggunaan Internet di Indonesia Pada Tahun 2022. Penggunaan Internet di Indonesia Pada Tahun 2022 - TiNewss. Diakses pada 8 September 2022.

Rumawas, W. (2021). Pelatihan Pemasaran berbasis Sosial Media pada Petani Gula Aren Desa Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Sulawesi Utara. The Studies Of Social Science, Volume 3, Issue 2.

Downloads

How to Cite

Rumawas, W. (2022). Edukasi Literasi Digital Bagi Kaum Ibu dan Pemuda Remaja di Jemaat Bukit Karmel Bitung. The Studies of Social Sciences, 4(2), 71–76. https://doi.org/10.35801/tsss.2022.4.2.43564