Efisiensi pemasaran telur ayam ras di Kota Manado (Studi kasus CV. Risal Farm)
DOI:
https://doi.org/10.35792/zot.42.2.2022.42577Keywords:
telur ayam ras, saluran pemasaran, efisiensi pemasaran.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi saluran pemasaran, menganalisis margin dan efisiensi pemasaran telur ayam ras di Kota Manado. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus pada perusahaan peternakan CV Risal Farm yang terletak di kota Manado, selanjutnya untuk mengetahui aliran pemasaran kepada responden pedagang menggunakan teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran telur ayam ras CV Risal Farm di Kota Manado terdiri dari 3 saluran pemasaran. Saluran pemasaran I yaitu dari peternak ke pedagang pengecer dan ke konsumen, saluran pemasaran II yaitu dari peternak ke pedagang pengumpul dan ke konsumen. Saluran Pemasaran III dari peternak ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer dan ke konsumen.  Nilai margin pada saluran pemasaran pertama sebesar Rp. 17.000,. margin pada saluran pemasaran kedua sebesar Rp. 7.000 dan margin saluran pemasaran ketiga Rp. 20.000. Analisis Efisiensi menunjukan pada nilai Farmer share lebih besar 50% dan nilai efisiensi pemasaran adalah < 1, hal ini menyatakan bahwa pemasaran telur Ayam CV. Rizal Farm di Kota Manado sudah efisien.