MANFAAT SOSIALISASI PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DI KECAMATAN SARIO

Authors

  • Sharon Anjelica
  • Elfie Mingkid
  • Sintje A. Rondonuwu

Abstract

Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalahn apakah manfaat sosialisasi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Sario, sementara untuk fokus penelitian ini adalah : 1. Bagaimana manfaat sosialisasi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan lewat penggunaan media massa bagi masyarakat di Kecamatan Sario? 2. Bagaimana masyarakat di Kecamatan Sario menerima sosialisasi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan lewat penggunaan media massa?. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah Teori Kognitif Sosial oleh Albert Bandura tahun 1960-an dalam (Morissan, 2010:241).

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam (dept interview). Hasil penelitian ini adalah : Manfaat Sosialisasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan bagi Kecamatan Sario. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan disini sebagai lembaga pemerintah yang baru mau memasuki tahun ke tiga berusaha untuk mensosialisasikan pentingnya untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan sebagai faktor preventif untuk kesehatan pribadi. Dengan menekankan pada manfaat pelayanan kesehatan yang bermutu yang sebanding dengan biaya yang memadai itu, BPJS Kesehatan sudah berusaha semaksimal mungkin agar setiap masyarakat, terlebih masyarakat di Kelurahan Sario tersosialisasikan dengan baik. 2. Proses Penerimaan Sosialisasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan bagi Masyarakat di Kecamatan Sario. Ada lima tahapan untuk penerimaan inovasi disini berkaitan dengan sosialisasi program BPJS Kesehatan yaitu tahap pertama, ada kesadaran dalam diri bahwa menjadi peserta BPJS Kesehatan itu penting. Tahap kedua, ada niat untuk mencari tahu lebih lagi mengenai informasi BPJS Kesehatan lewat penggunaan media massa secara sengaja atau tidak sengaja. Tahap ketiga, ditahapan ini informasi yang dia terima ada pergulatan di dalam pikirannya apakah benar bermanfaat dalam hidupnya. Tahap keempat, disini tahapan coba-coba yaitu dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Tahap kelima, disini sudah mencoba sendiri kegunaan BPJS Kesehatan, ada pengalaman sendiri dan informasi itu akan membantu dalam pengalaman yang dialami.

Kata kunci : Manfaat, Sosialisasi, BPJS,

Downloads

How to Cite

Anjelica, S., Mingkid, E., & Rondonuwu, S. A. (2017). MANFAAT SOSIALISASI PROGRAM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DI KECAMATAN SARIO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15494

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>