STRATEGI KOMUNIKASIPEMASARAN DAGING AYAM POTONGOLEH U.D. BERKAT USAHA DI PASAR SEGAR PAAL DUA MANADO

Authors

  • Ricky Sengkey
  • J. P. M. Tangkudug
  • Meiske Rembang

Abstract

Dalam usaha pencapaian tujuan, permasalahan yang dihadapi bukan hanya terdapat pada aspek produksi daging ayam saja, tetapi pada kualitas dan pengelolaan yang merupakan asset utama dalam mendukung penjualan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada komunikasi pemasaran daging ayam potong oleh UD. Berkat Usaha Pasar Segar Paal Dua Manado. Jika dikaitkan analisis SWOT dengan penelitian di UD. Berkat Usaha maka akan menjelaskan apakah informasi tersebut berindikasi sesuatu yang akan membantu meningkatkan penjualan untuk mencapai tujuannya atau memberikan indikasi bahwa terdapat rintangan yang harus dihadapi atau diminimalkan untuk memenuhi pemasukan yang diinginkan. Analisis SWOT dapat digunakan dengan berbagai cara untuk meningkatkan analisis dalam usaha penetapan strategi. Manfaat dari teori ini adalah menjadi metode analisis paling dasar untuk melihat suatu permasalahan di dalam perusahaan di lihat dari 4 sisi berbeda. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif., menurut Denzin dan Lincoln penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan teori SWOT maka disimpulkan bahwa UD.Berkat Usaha memeliki kekuatan (strength), harga yang ditawarkan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Memiliki gizi yang baik, memiliki pelayanan baik dan ramah. Kelemahannya (weakness) produk berpotensi terkena virus, solusinya perlu adanya vaksin untuk mencegah. Peluang (opportunities) yang ada, tempat usaha yang strategis, gaya hidup masyarakat yang senang mengkonsumsi daging ayam. Ancaman (threat) diantaranya mempunyai pesaing yang sama berjualan daging ayam potong dan stok ayam berkurang. Solusi dari ancaman tersebut memberikan harga yang lebih murah di bandingkan dengan pesaing yang ada dan harus memiliki stok penyimpanan ayam boiler (hidup atau mati) agar stok selalu tersedia dan lebih banyak membangun kerja sama dengan peternak ayam dan membangun relasi agar bisnis dapat berjalan dengan baik.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, analisis SWOT.

Downloads

How to Cite

Sengkey, R., Tangkudug, J. P. M., & Rembang, M. (2018). STRATEGI KOMUNIKASIPEMASARAN DAGING AYAM POTONGOLEH U.D. BERKAT USAHA DI PASAR SEGAR PAAL DUA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/20987

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>