KOMUNIKASI KEPALA SUKU DANI DENGAN CAMAT DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI DISTRIK SINAK PROVINSI PAPUA

Authors

  • Lendius Murib
  • Meity D. Himpong
  • Grace J. Weleleng

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana Komunikasi Kepala Suku Dani dengan Camat dalam Pelaksanaan Pembangunan di Di Distrik Sinak Kabupaten Puncak Papua serta bagaimana pengetahuan masyarakat terhadap apa yang dikomunikasikan tersebut. Hasil penelitiannya, mendapat pernyataan tidak memahami, kemudian diikuti dengan pernyataan kurang memahami,dan memahami. Distrik Sinak baru dimekarkan, pada bulan April tahun 2016 dari Distrik Induk Mageabume . Semua kegiatan pembangunan melibatkan semua elemen termasuk masyarakatnya, tetapi karena tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakat masih relativ rendah maka implikasinya terhadap partisipasi masyarakat .
Dari hasil penelitian ini, menujukkan bahwa pemerintah berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam pelaksanaan pembangunan di desa, terutama menyangkut infrastruktur nya tetapi dilain pihak kesadaran masyarakat untuk menunjang program tersebut juga sangat sangat diperlukan. Dari hasil penelitian ini juga di dapati bahwa Rencana Kerja Pemerintah Desa pada tahun anggaran 2016 tidak di laksanakan karena suatu alasan tertentu dan dari hasil penelitian ini juga terungkap bahwa dalam proses perencanaannya serta pelaksanaan tidak sepenuhnya berjalan , contohnya dari renovasi Gedung Kantor Desa, yang dimana dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa tertulis bahwa ada program untuk renovasi Gedung Kantor Desa. Akan tetapi program tersebut tidak terlaksana dengan apa yang di rencanakan. Bahkan dalam proses Pelaksanaan tidak nampak dalam laporan realisasi sepanjang tahun anggaran 2016. Oleh karena itu transparansi dari pihak pemerintah desa sangat dibutuhkan untuk menjamin keterlibatan masyarakat termasuk juga tokoh tokoh adat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil komunikasi kepala suku Dani dengan camat semestinya diteruskan kepada masyarakat dengan cara dan teknik komunikasi yang sesuai dengan tingkat pendidikannya.
Kata Kunci. Peranan Komunikasi Pemerintah,Masyarakat.

Downloads

How to Cite

Murib, L., Himpong, M. D., & Weleleng, G. J. (2018). KOMUNIKASI KEPALA SUKU DANI DENGAN CAMAT DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI DISTRIK SINAK PROVINSI PAPUA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/21126

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>