POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENDIDIK ANAK AUTIS DI AGCA CENTER PUMOROW MANADO

Authors

  • Trivena Onibala
  • Elfie Mingkid
  • Edmon R. Kalesaran

Abstract

Anak autis adalah kelainan yang terjadi pada fungsi otak sehingga menggangu pola pikir mereka dalam melakukan atau merespon sesuatu baik secara tindakan ataupun berkomunikasi.Tidak hanya mengganggu fungsi otak tetapi sebagian anak autis mengalami ganggua pada tumbuh kembang mereka.Dalam berkehidupan sosial anak autis cenderung sulit untuk beradaptasi karena mereka keterbatasan mereka dalam berkomunikasi.Oleh kerena itu mereka perlu di bimbing dan di didik agar mereka dapat membawa diri mereka di tengah-tengah kehidupan sosial.
Namun demikian di tengah-tengah keterbatasan anak autis, mereka memerlukan pendidikan secara akademik dan non akademik sesuai dengan kebutuhan mereka untuk bekal mereka di kehidupan yang akan datang. Untuk mendapatkan pendidikan itu anak autis harus di sekolahkan di sekolah khusus atau SLB, di tempat itu anak-anak autis akan mendapat didikan secara akademik dan secara psikologis untuk perkembangan anak menuju kesempurnaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi guru dalam mendidik anak autis.pola komunikasi seperti apa yang efektif dalam mendidik anak
autis dan hambatan apa saja yang di hadapi guru selama mendidik anak autis. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif.Subyek yang di teliti dalam penelitian ini adalah para guru di AGCA Center Pumorow Manado.Dan teknik yang di lakukan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara.
Setelah di lakukan penelitian dapat di simpulkan perlu adanya kesabaran dan ketegasan pada guru dalam mendidik anak autis. Hambatan yang di hadapi guru adalah kesulitan dalam bahasa saat proses belajar dilakukan.

Kata kunci: Pola Komunikasi Guru Dalam Mendidik Anak Autis

Downloads

How to Cite

Onibala, T., Mingkid, E., & Kalesaran, E. R. (2019). POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENDIDIK ANAK AUTIS DI AGCA CENTER PUMOROW MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/23758

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>