PERAN SISTEM OTOMASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PENGGUNA PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA TIDORE KEPULAUAN

Authors

  • Arifuddin R. Saleh
  • Desie M D Warouw
  • Anita Runtuwene

Abstract

P

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sistem otomasi dalam meningkatkan pelayanan pada pengguna Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore Kepulauan.Sistem otomasi dapat dimaknai sebagai pengganti tenaga tenaga manusia dengan tenaga mesin secara otomatis sehingga tidak memerlukan pengawasan manusia.Layanan dimaknai sebagai kegiatan melayani. Peran sistem otomasi adalah untuk membantu pustakawan dalam mengolah perpustakaan sehingga dalam proses pelayanan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan jumlah informan sebanya 5 orang yang terdiri dari pustakawan dan pemustaka. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu pengadaan bahan pustaka/informasi, pengolahan, sirkulasi, dan penelusuran informasi. Peran sistem otomasi dalam meningkatkan pelayanan di dinas perpustakaan dan kearsipan kota tidore kepulauan ialah meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam pencarian informasi serta membantu pustakawan dalam melayani pemustaka. Bidang yang belum menerapkan sistem otomasi ialah pengadaan dan pengolahan karena server dalam aplikasi sedang mengalami gangguan dan tidak bisa diakses sehingga penerapan sistem otomasi masih di bidang sirkulasi dan penelusuran informasi.

 

Kata Kunci: Peran, Sistem Otomasi,Layanan

Downloads

Published

2021-06-22

How to Cite

Saleh, A. R., Warouw, D. M. D., & Runtuwene, A. (2021). PERAN SISTEM OTOMASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PENGGUNA PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA TIDORE KEPULAUAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/34389

Most read articles by the same author(s)

> >>