PERANAN PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENGGUNA DI BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Marsahno Senen
  • D. Silangen Lasut
  • Johny Senduk

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui peranan yang dilakukan oleh pustakawan BPAD Prov. Sulut dalam meningkatkan kualitas layanan pengguna.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif.Pengumpulan data dilkukan dengan observasi, wawancara dan kajian dokumen.Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 (duabelas) orang yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah dietapkan, yaitu telah menduduki jabatan pustakawan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang dilakukan oleh pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan yaitu setiap pustakawan berupaya melaksanakan pekerjaannya dengan maksimal sesuai dengan kerangka kerjanya masing-masing, serta dengan memberikan pelayanan yang ramah dan berperilaku baik agar pengguna puas dengan layanan yang diberikan. Pustakawan juga melakukan pengawasan terhadap koleksi-koleksi yang telah rusak dan di perbaiki.

Dengan demikian saran yang diajukan untuk pimpinan perpustakaan dan pustakawan BPAD Prov. Sulut yaitu 1.) Menyediakan informasi dan memberikan layanan kepada pemustaka dari seluruh lapisan masyarakat tanpa melihat latar pendidikan. 2). perpustakaan sebagai sumber informasi, harus lebih memanfaatkan sumber daya yang ada semaksimal mungkin untuk kepentingan pemustaka, agar perpustakaan dapat memberikan layanan yang lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka yang mempunyai minat serta kebutuhan informasi yang berbeda-beda.

Kata kunci: Perpustakaan, Pustakawan, Kualitas Layanan.

Downloads

How to Cite

Senen, M., Lasut, D. S., & Senduk, J. (2015). PERANAN PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PENGGUNA DI BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI PROVINSI SULAWESI UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/9889

Issue

Section

Articles