Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan di PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Buli Menggunakan Metode Simple Additive weight (SAW)

Authors

  • Susanti Pareda Department of Mathematics Samratulangi University
  • Charles E. Mongi Department of Mathematics Samratulangi University http://orcid.org/0000-0001-6385-4626
  • Chriestie E.J.C. Montolalu Department of Mathematics Samratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.8.1.2019.22676

Abstract

Karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah perusahaan karena dengan adanya karyawan yang memiliki standar kualifikasi perusahaan yang baik maka produktivitas perusahaan akan tetap terjaga dan semakin meningkat. Mengetahui pentingnya kualitas kinerja karyawan maka PT ANTAM Tbk melakukan pemilihan karyawan teladan untuk memacu semangat karyawan dalam meningkatkan dedikasi dan kinerja. Namun banyaknya karyawan yang akan dipilih menjadi kendala dalam pemilihan karyawan teladan, oleh sebab itu dibutuhkan suatu proses otomatisasi menggunakan teknologi untuk memberikan rekomendasi dalam pemilihan karyawan teladan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem pendukung keputusan dalam pemilihan karyawan teladan di PT ANTAM Tbk. Sistem pendukung keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer termasuk sistem berbasis pengetahuan atau manajemen pengetahuan yang dipakai untuk mendukung pengambilan sebuah keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode SAW, perhitungan metode ini menggunakan hasil dari nilai terbesar yang akan dipilih sebagai alternatif terbaik, perhitungan akan sesuai apabila alternatif yang terpilih memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan teladan ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Pre-Hypertext Processor), serta Database MySQL sebagai database server. Hasil penelitian ini menunjukan karyawan A10 mendapat rangking 1 dengan persentase nilai 100%.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Pareda, S., Mongi, C. E., & Montolalu, C. E. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan di PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Buli Menggunakan Metode Simple Additive weight (SAW). d’Cartesian, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.35799/dc.8.1.2019.22676

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>