Data Compression Using Shannon-Fano Algorithm

Authors

  • Christine Lamorahan Jurusan Matematika, FMIPA, UNSRAT
  • Benny Pinontoan Jurusan Matematika, FMIPA, UNSRAT
  • Nelson Nainggolan Jurusan Matematika, FMIPA, UNSRAT

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.2.2.2013.3207

Abstract

Abstract

Communication systems in the world of technology, information and communication are known as data transfer system. Sometimes the information received lost its authenticity, because size of data to be transferred exceeds the capacity of the media used. This problem can be reduced by applying compression process to shrink the size of the data to obtain a smaller size. This study considers compression for data text using Shannon – Fano algorithm and shows how effective these algorithms in compressing it when compared with the Huffman algorithm. This research shows that text data compression using Shannon-Fano algorithm has a same effectiveness with Huffman algorithm when all character in string all repeated and when the statement short and just one character in the statement that repeated, but the Shannon-Fano algorithm more effective then Huffman algorithm when the data has a long statement and data text have more combination character in statement or in string/ word.


Keywords: Data compression, Huffman algorithm, Shannon-Fano algorithm

Abstrak

Sistem komunikasi dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi dikenal sebagai sistem transfer data. Informasi yang diterima kadang tidak sesuai dengan aslinya, dan salah satu penyebabnya adalah besarnya ukuran data yang akan ditransfer melebihi kapasitas media yang digunakan. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan proses kompresi untuk mengecilkan ukuran data yang besar sehingga diperoleh ukuran yang lebih kecil. Penelitian ini menunjukan salah satu kompresi untuk data teks dengan menggunakan algoritma Shannon – Fano serta menunjukan seberapa efektif algoritma tersebut dalam mengkompresi data jika dibandingkan dengan algoritma Huffman. Kompresi untuk data teks dengan algoritma Shannon-Fano menghasilkan suatu data dengan ukuran yang lebih kecil dari data sebelumnya dan perbandingan dengan algoritma Huffman menunjukkan bahwa algoritma Shannon- Fano memiliki keefektifan yang sama dengan algoritma Huffman jika semua karakter yang ada di data berulang dan jika dalam satu kalimat hanya ada satu karakter yang berulang, tapi algoritma Shannon-Fano lebih efektif jika kalimat lebih panjang dan jumlah karakter di dalam kalimat atau kata lebih banyak dan beragam.

Kata kunci: Algoritma Huffman, Algoritma Shannon-Fano, Kompresi data

Downloads

Published

2013-10-01

How to Cite

Lamorahan, C., Pinontoan, B., & Nainggolan, N. (2013). Data Compression Using Shannon-Fano Algorithm. d’Cartesian, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.35799/dc.2.2.2013.3207

Most read articles by the same author(s)

> >>