ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT. ANGKASA PURA 1 (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNATIONAL SAM RATULANGI MANADO

Authors

  • Lasapoe Oksela Reynaldo Universitas Sam Ratulangi
  • Jessy J. Pondaag Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20229

Abstract

Abstrak: Cara terbaik untuk memperbaiki kemampuan komponen-komponen sumber daya manusia, proses, dan lingkungan tersebut secara berkesinambungan adalah dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). TQM memberikan manfaat yaitu meningkatkan daya saing perusahaan. Konsep TQM merupakan konsep perbaikan terus-menerus yang diterapkan perusahaan di tiap level operasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management terhadap kinerja manajerial pada PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandar udara Sam Ratulangi Manado. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (TQM): fokus pada pelanggan dan perbaikan sistem secara berkesinambungan, tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Sedangkan pendidikan dan pelatihan, perlibatan, dan pemberdayaan karyawan berpengaruh terhadap kinerja manajerial.

 

Kata Kunci: total quality management, kinerja manajerial

Author Biographies

Lasapoe Oksela Reynaldo, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jessy J. Pondaag, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-07-18