ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS UMKM NASI KUNING DI MANADO)

Authors

  • Marta Marsela Manahera Universitas Sam Ratulangi
  • Silcyljeova . Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.6.4.2018.21666

Abstract

Abstrak : Pemasaran adalah bagaimana dapat memenuhi atau memuaskan kebutuhan dari para konsumen melalui berbagai saluran distribusi tertentu melalui produk yang ditawarkan,  demikian maka pemasaran selalu berorientasi pada bagaimana menciptakan barang-barang dan jasa-jasa yang dapat memberikan nilai kepuasan supaya konsumen mau membeli produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Orientasi Kewirausahaan terhadap Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran ( Studi Kasus UMKM Nasi Kuning di Manado). Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 30 pemilik usaha nasi kuning dan menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistik menggunakan analisis jalur dengan program computer SPSS 16. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil secara simultan Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran. Secara parsial, Inovasi Produk berpengaruh negatif terhadap Kinerja Pemasaran. Pihak manajemen UMKM sebaiknya lebih memfokuskan pada variabel-variabel yang berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran. Bagi UMKM nasi kuning di manado diharapkan melakukan kegiatan Orientasi Pasar dengan cara melakukan riset kepada konsumen agar nasi kuning di manado (Malalayang, Tuminting, dan singkil) ini memahami betul dengan apa yang dibutuhkan konsumen saat ini. Tidak hanya itu saja menguasai pasar dengan cara melakukan ide-ide gagasan baru dalam memproduksi dan Pengelola usaha nasi kuning di kota Manado.

Kata Kunci : orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, kinerja pemasaran.

Author Biographies

Marta Marsela Manahera, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silcyljeova . Moniharapon, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Hendra N. Tawas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2018-12-12