PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP NIAT KUNJUNGAN ULANG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TEMPAT WISATA BUKIT KASIH KANONANG

Authors

  • Victoria S. Kawatu Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Debry Ch. A. Lintong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30221

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting pendukung perokonomian suatu negara. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kekayaan baik budaya dan alamnya. Daya tarik yang dimiliki suatu tempat wisata serta tingkat kepuasan yang dirasakan wisatawan merupakan alasan utama para wisatawan ingin melakukan kunjungan ulang. Saat ini persaingan tempat-tempat wisata semakin ketat. Hal ini menyebabkan tempat-tempat wisata berlomba-lomba mempertahankan serta meningkatkan jumlah pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung daya tarik wisata terhadap niat kunjungan ulang dan pengaruh tidak langsung daya tarik wisata terhadap niat kunjungan ulang melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sudah mengunjungi Bukit Kasih Kanonang lebih dari satu kali dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Dari hasil penelitian semua variabel berpengaruh signifikan dan secara langsung Daya Tarik Wisata berpengaruh signifikan terhadap Niat Kunjungan Ulang tanpa harus melalui Kepuasan sebagai variabel intervening pada tempat wisata Bukit Kasih Kanonang.

 

 

Kata Kunci: daya tarik wisata, niat kunjungan ulang, kepuasan, bukit kasih kanonang

Author Biographies

Victoria S. Kawatu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Debry Ch. A. Lintong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2020-10-01