EVALUASI PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PT TASPEN (PERSERO) CABANG MANADO

Authors

  • Regina G. G. Ponto Universitas Sam Ratulangi
  • Sifrid S. Pangemanan Universitas Sam Ratulangi
  • Robert Lambey Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35058

Abstract

Total Quality Management (TQM) merupakan pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan. Dengan diterapkannya Total Quality Management secara memadai, perusahaan dapat melihat seberapa besar perubahan yang telah dicapai oleh kinerja karyawan dan manajer yang ada dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi bagaimana penerapan Total Quality Management dan kinerja keuangan pada PT TASPEN (Persero) Cabang Manado. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Total Quality Management pada PT TASPEN (Persero) Cabang Manado belum diterapkan dengan baik. Evaluasi yang dilakukan berdasarkan 5 (lima) unsur utama Total Quality Management menunjukkan bahwa unsur fokus pada pelanggan dan perbaikan sistem secara berkesinambungan belum diterapkan secara maksimal dan perlu ditingkatkan oleh perusahaan. Sedangkan evaluasi kinerja keuangan yang dilakukan berdasarkan perhitungan rasio profitabilitas menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT TASPEN (Persero) Cabang Manado belum dapat dikategorikan baik karena persentase ROA dan ROE yang tidak memenuhi penilaian standar industri.

 

Kata Kunci: evaluasi, total quality management.

Author Biographies

Regina G. G. Ponto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Sifrid S. Pangemanan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Robert Lambey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2021-09-18