ANALISIS CELEBRITY ENDORSER DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO)

Authors

  • Ni Nyoman Merliani Universitas Sam Ratulangi
  • Maryam Mangantar Universitas Sam Ratulangi
  • Fitty Valdi Arie Unviersitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37977

Abstract

Media sosial Instagram merupakan salah satu sarana promosi bisnis yang dinilai efektif karena dapat diakses oleh siapa saja dan merupakan jejaring sosial terpopuler yang digunakan untuk mengirim foto, pengguna mengunggah foto digital, menerapkan filter untuk mengedit penampilan dan termasuk digunakan oleh kalangan selebriti atau Celebrity Endorser. Belanja online melalui media sosial Instagram sangat populer di kalangan mahasiswa, termasuk mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan pembeli dalam menyukai celebrity endorser, dan untuk mengetahui peran dan kontribusi celebrity endorser terhadap Minat Beli pengguna media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder kepada 6 (enam) orang informan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis perbandingan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam menyukai Celebrity Endorser adalah 1. Kredibilitas, 2. Kreativitas, 3. Kekaguman/Hormat, 4. Kesesuaian. Kontribusi Celebrity Endorser terhadap minat beli adalah membantu memperkenalkan produk/jasa kepada pengguna media sosial Instagram.

 

Kata Kunci: Celebrity Endorser, Media Sosial, Miat Beli

Author Biographies

Ni Nyoman Merliani, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Maryam Mangantar, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Fitty Valdi Arie, Unviersitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2023-01-16