PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA (Suatu Studi di Desa Naha Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Sangihe)

ERICH S. P. MANOLANG

Abstract


Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan peran tokoh masyarakat dalam perencanaan pembangunan desa di Desa Naha Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Sangihe. Partisipasi tokoh masyarakat adalah keterlibatan masyarakat yang diperankan oleh elit non formal. Jadi berbicara partisipasi tokoh masyarakat berarti berbicara partisipasi masyarakat itu sendiri.

Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah  partisipasi Tokoh Masyarakat dalam perencanaan pembangunan desa di Desa Naha Kecamatan Tabukan Utara. Informan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Politik, dan Masyarakat umum. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitaif.

Partisipatif tokoh masyarakat dalam perencanaan pembangunan telah menghasilkan perencanaan pembangunan yang efektif untuk meningkatkan pembangunan serta perinsip demokrasi di Desa Naha Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Sangihe. Tokoh masyarakat berusaha meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan Partisipatif namun peran masyarakat masih rendah dalam kegiatan pengusulan program masalah kebutuhan masyarakat tingkat lingkungan.

Peran tokoh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal perencanaan pembangunanagar supaya perencanaan pembangunan dilaksanakan dengan mengacu pada semua peraturan yang berlaku, serta menjungjung etika dan tata nilai masyarakat. Namun unsur legalitas ini belum dilakukan dengan baik kerana ada beberapa tahapan dalam petunjuk teknis musrenbang yang belum dilaksanakan dengan baik dalam proses perencanaan pembangunan di tingkat Desa maupun Kecamatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.