Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Mohammad Fitra Mokodompit Universitas Sam Ratulangi
  • Sary D.E. Paturusi
  • Virginia Tulenan

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.16.2.2021.33197

Abstract

Abstak - Pembelajaran Bahasa Inggris sangat penting untuk diajarkan mengingat pada era yang sudah sangat maju ini seharusnya anak-anak sudah harus diajarkan Bahasa Inggris mulai dari sekolah dasar. Augmented Reality merupakan suatu teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan aplikasi saat ini sehingga informasi yang terkandung dapat diserap dengan baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi Augmented Reality pembelajaran bahasa inggris beserta 3 kalimat dan keterangan dari objek yang diperuntukkan untuk anak sekolah dasar. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap, yaitu : Concept, Design, Material Collecting, Assambly, Testing, dan Distribution. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Augmented Reality pembelajaran bahasa inggris yang berisikan objek 3D, keterangan, kalimat dan suara dari objek yang dijalankan pada platform android yang dapat membantu anak dalam belajar bahasa inggris melalui gambar yang terasa nyata.

Kata Kunci : Augmented Reality, Anak, Android, Multimedia Development Life Cycle, Pembelajaran Bahasa Inggris, 3Dimensi.

 

Abstract - English learning is very important to be taught because in this highly developed era children should be taught English by elementary school. Augmented reality is a technology that can be exploited in current applications development so that the information contained can be well absorbed. The purpose of this study is to produce an english-studded augmented reality app with three sentences and credits earmarked for elementary school children. The application was built using Multimedia Development Life Cycle (MDLC), which consists of six stages, concept, design, material collecting, assambly, testing, and seduction. The result of this study is a augmented reality learning app containing 3D objects, captions, sentences and voices from the objects being run on an android platform that can help children learn English through tangible images.

Key Words : Android; Augmented Reality; English Study; Kid; Multimedia Development Life Cycle; 3Dimensions.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-30