STRATEGI MENGOPTIMALKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN BADUNG (PAD) DARI E-COMMERCE

Asmat Dhanny Zumardi, I Gede Sanica

Abstract


ABSTRAK

Kabupaten Badung ialah salah satu kabupaten di Provinsi Bali sebagaimana telah diatur oleh Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1958 tentang Pembentukan Daerah-daerah Tingkat II dalam Wilayah Daerah-daerahTingkat I Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1958 Nomor 122,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1655); Kabupaten Badung sangat mengandalkan Pendapatan Asli Daerahnya (PAD) dari pajak hotel Hotel, Restoran dan Hiburan yang menjadi  sumber utama dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setiap Tahunnya. Namun dari tahun ke tahun PAD Kabupaten Badung justru capaiannya semakin menjauh dari target. Pada tahun 2018 APBD Kabupaten Badung mengalami Defisit terbesar yang mencapai angka Rp. 2.355.696.667.570,16. Defisit ini sangat berdampak terhadap Pelaksanaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kabupaten Badung. Penyebab defisit tersebut terjadi karena beberapa kemungkinan yakni Target PAD yang terlalu tinggi atau Transaksi Akomodasi Hotel, Restoran dan Hiburan melalui E-Commerce belum terdeteksi pemungutan pajaknya oleh Manajemen Sistem Perpajakan yang ada pada Pemerintah Kabupaten Badung. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Strategi Pemerintah Daerah Mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Badung dari E-commerce. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi sumber dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara dari sumber internal dengan sumber eksternal. Hasil penelitian ini adalah Pemerintah Daerah diharapkan mampu mengopyimalkan PAD dari E-commerce. Maka dari itu, dibutuhkan startegi  yang  efektif  dalam  pelaksanaannya.

 

Kata kunci : Strategi, Optimal, Pendapatan, E-commerce


Full Text:

PDF

References


Abdul, Rachman Arie, .2005, Pengantar Ilmu Perhotelan & Restoran, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ais Zakiyudin, 2012, Sistem Informasi Manajemen, Edisi 2, Mira Wacana Media, Jakarta.

Badan Pusat Statistik, STATISTIK HOTEL DAN AKOMODASI LAINNYA DI INDONESIA, 2018, BPS RI

Bagyono, 2012, Pariwisata & Perhotelan. Alfabeta, Bandung.

Bank Indonesia, Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Bali November 2018.

Bodnar, W. S, 2006, Accounting Information System, Andi, Yogyakarta

David, Fred R. 2009. Manajemen Strategik. Jakarta, Salemba Empat.

Erica Luciana, SOO, 2019, Analisis Pengaruh Persepsi Nilai Dan Citra Merk Terhadap Minat Beli Guna Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs E-commerce Bukalapak, Semarang.

Fatta, Hanif Al, 2007, Analisis dan Perancangan sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Andi, Yogyakarta.

Hadari Nawawi, 2005, Penelitian Terapan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Halim, Abdul. (2002). “Analisis Varian Pendapatan Asli Daerah dalam Laporan Perhitungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia”. Disertasi. Yogyakarta: Program Doktor Universitas Gadjah Mada.

_________ dan Syukriy Abdullah. (2006). “Hubungan dan Masalah Keagenan di Pemerintahan Daerah: Sebuah Peluang Penelitian Anggaran dan Akuntansi”. Jurnal Akuntansi Pemerintah 2(1).

Hermawan, H., Brahmanto, E dan Faizal H, 2018, Pengantar Manajemen Hospitality, NEM, Pekalongan.

Hidayat, Taufik, 2008, Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce, Mediakita, Jakarta.

Hunger, J.David & Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta, Andi.

Jogiyanto, H, 2007, Sistem Informasi Keperilakuan, Andi Offset, Yogyakarta.

Krisdiantoro, Yuyut, Subekti, Imam & Prihatiningtias, yeney Widya, 2019, Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Manfaat Bersih dengan Intensitas Penggunaan sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Akuntansi Aktual.

Laudon, Kenneth C. & Laudon, Jane P. ,2008, Sistem Informasi Manajemen. Palgrave: Basingstoke.

Laudon, K, & J.P. Laudon, 2010, Management Informtaion System: Managing the Digital Firm,11th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Marimin, Hendri, Tanjung, Haryo Prabowo, 2006 Sistem Informasi Manajemen Sumber daya Manusia, Grasindo, Bogor.

Meier, A dan Stormer, H, 2009. eBusiness and eCommerce : Managing the Digital Value Chain. Springer-Verlag Berlin Heidelberg

Mulyadi. 2005. Sistem Manajemen Strategik Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta, UPP AMP YKPN.

O’Brien dan Marakas, 2014, Sistem Informasi Manajemen, Salemba Empat, Jakarta.

Rumekso, 2005, Housekeeping Hotel Public Area, Andi Offset, Yogyakarta.

Sarastyarini, Ni Made Werin & Yadnyana, I Ketut, 2018, Pengaruh E-commerce dan Efektivitas Kerja Pengguna terhadap Kinerja Perusahaan Pada Usaha Kecil, Menengah Di Denpasar, Vol.24.3.September, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, PT Alfabet, Bandung.

Supit, H.A.M., and Darma, G.S, 2018, Enhancing User Experience in Forex Mobile Trading Application to Support Customer Relationship Management, Jurnal Manajemen & Bisnis.

Supriyanto, Aji, 2005, Pengetahuan dasar Komputer, Salemba Infotek, Yogyakarta.

Susanto, 2013, Sistem Informasi Manajemen, Lingga Jaya, Jakarta.

Turban, Efraim & Linda Volonino. 2010. Information Technology for Management. Edisi Ketujuh. Asia : John Willey & Sons.

Widana, I.W., and Darma, G.S, 2018, Branding Denpasar Smart City Guna Meningkatkan Kunjungan Wisatawan, Jurnal Manajemen & Bisnis.

Wiersma, William, 1986, Research Methods In Education: An Intoduction, Massachusetts: Allyn and Bacon,Inc.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

index by: 

Google Scholar

 

Portal Garuda 

 

 

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.