PERAN SHARIAH GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN NASABAH (STUDI PADA BANK MUAMALAT CABANG AMBON)

Ali Amin Kalau, Christina Sososutiksno, Paskanova Christi Gainau

Abstract


Abstract:  This study aims to examine the effect of shariah governance principles on customer satisfaction. The method used is quantitative through distributing questionnaires to active customers at Bank Muamalat Ambon Branch. The sample selection based on random sampling technique resulted in 96 respondents. Data processing is carried out using SPSS 21. Simultaneous test results show that the principles of shariah governance have a significant effect on customer trust. The results of the partial test found that Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, Fairness, Sharia Complience have significant effect on customer trust. The results supports the Shariah Enterprise Theory (SET), namely that shariah banks function as banks that are not only concerned with the interests of individuals (shareholders), but also for wider parties, namely Allah SWT, humans and nature. The results are useful for banks in carrying out their operations in order to uphold the principles of transparency, accountability, responsibility, independence, justice, and sharia compliance because this support market share improvement of bank.

 

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh prinsip shariah governance terhadap kepuasan nasabah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada responden yakni nasabah aktif pada Bank Muamalat Cabang Ambon. Pemilihan sampel yang didasarkan pada teknik random sampling ini menghasilkan 96 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 21. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa prinsip shariah governance berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Hasil uji parsial menemukan bahwa transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, keadilan, dan ketaatan syariah berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah. Hasil pengujian ini mendukung Shariah Enterprise Theory (SET) yakni bahwa bank shariah berfungsi sebagai bank yang tidak hanya peduli pada kepentingan individu (pemegang saham), tetapi juga pada pihak-pihak yang lebih luas yakni Allah SWT, manusia dan alam. Hasil studi ini bermanfaat bagi pihak perbankan dalam menjalankan operasionalnya agar menjunjung prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, keadilan, dan ketaatan syariah karena itu pengimplementasian prinsip tata kelola syariah ini mendukung peningkatan pangsa pasar bank.


Full Text:

PDF

References


Alas, R., Übius, U., Lorents, P., & Matsak, E. (2017). Corporate Social Responsibility In European And Asian Countries. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 4 No. 1

Capra, M. Umer & Ahmed, Habib, “Corporate Governance in Islamic Financial Institutions.” Occasional Paper No. 6, (Islamic Research and Training Institute/Islamic Development Bank, Jeddah (2005) 12-13

Dhaniel Syam, Taufik Nadja. 2013. Analisis Kualitas Penerapan Good Corporate Governance pada Bank Umum Syariah di Indonesia Serta Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pengembalian dan Risiko Pembiayaan, Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, Vol.2 No.1.

Fitriasari Ressy, Kamaliah Dan Yesi Mutia Basri, 2018, Pengaruh Shariah Governance Terhadap Kinerja Bank Syariah Dengan Loyalitas Nasabah Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah Di Provinsi Riau) Jurnal Ekonomi Volume 26, Nomor 3 hal 148 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Riau.

Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivate dengan Program SPSS, Semarang: BP Universitas Diponegoro Cetakan 5.

Karamoy, H., & Tulung, J. E. (2020). The Effect of Banking Risk on Indonesian Regional Development Bank. Banks and Bank Systems, 15(2), 130-137

Kristiyana, Kepala OJK), 2020 dalam https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah

KNKG, 2006, Pedoman GCG, http://www.governance-indonesia.or.id/main.htm [10/4/07]

Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1). 1-25

Rusady, Evita Nurul. 2019.Pengaruh Shariah Corporate Governance Dan Reputasi Terhadap Kepercayaan Nasabah Bank Syariah. S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Solikhah, (2013), Perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudah penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada perbankan konvensional dan perbankan syariah. (Studi Pada Bank Mandiri, Tbk dan Bank Syariah Mandiri). Skripsi tidak dipublikasikan.

Sopiah, 2008, Perilaku Organisasional, Yogyakarta: ANDI.

Sugiono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Triyuwono. (2009). Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persaja.

https://www.infobanknews.com/kumpulan-berita-bank-hari-ini/peta-pasar-setelah-merger-bsi-bagaimana-kinerja-bank-muamalat-%EF%BB%BF

https://www.finansial.bisnis.com/read/20210114/231/1342868/mau-disuntik-bpkh-rp3-triliun-bank-mualamat-perlu-dongkrak-kinerja.

https://www.infobanknews.com

www.bps.go.id




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.39551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

index by: 

Google Scholar

 

Portal Garuda 

 

 

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.