FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Christina Sososutiksno Pattimura University

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.45681

Abstract

Abstract. This study aims to examine the effect of learning motivation, pressure, student integrity, and misuse of information technology on academic cheating during the COVID-19 pandemic in accounting students class 2017 and 2018 Faculty of Economics and Business, Pattimura University, Ambon. This type of research is a quantitative research, using a questionnaire as a research instrument measured by a Likert scale. The sampling technique used was purposive sampling. The population used in this study were accounting students of the Faculty of Economics and Business, Pattimura University class of 2017 and 2018, the number of samples in this study was 87 students. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using IBM SPSS software version 25. The results of this study state that the variables of student integrity and misuse of information technology have a positive and significant effect on academic cheating behavior. However, the variables of learning motivation and pressure partially have a negative and insignificant effect on academic cheating behavior in Accounting students, Faculty of Economics and Business, Pattimura University, Ambon.

 

Abstrak.  Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar, pressure, integritas mahasiswa, dan penyalahgunaan teknologi informasi terhadap kecurangan akademik di masa pandemi covid-19 pada mahasiswa akuntansi angkatan 2017 dan  2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang diukur dengan skala likert. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Pattimura angkatan 2017 dan 2018, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 87 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel integritas mahasiswa dan penyalahgunaan teknologi informaasi  yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. Namun variabel motivasi belajar dan pressure secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan  terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon.

References

Agnes Advesia Chrismastuti, 2008. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik Mahasiswa. Jurnal. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Azizah, Nur. 2006. Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatarbelakang Pendidikan Umum dan Agama. Jurnal Psikologi, Vol. 33, No. 2, 1-16. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Apriani, Nidya. 2017. Pengaruh Pressure, Opportunity, dan Rationalization terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Kasus pada Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. Skripsi Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.

Aron, E. F., Diana, N., & Junaidi. (2021). Analisis Pengaruh Penyalahgunaan Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Academic Fraud Mahasiswa Akuntansi Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Program Studi Akuntansi Pada Perguruan. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi 10(2), 1–14.

Bolin, A.U. 2004. Self Contro, Preceived Opportunity, and Attitudes as Predictors of Academic Dishonesty. The Journal of Psychology. 138(2), 101-114.

Bintaro, W. Purwanto, dan Noviyani, D I. 2013. Hubungan Self Regulated Learning dengan Kecurangan Akademik Mahasiswa. Educational Psychology Journal 2.

Chaplin, James P.. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (Alih Bahasa: Kartini Kartono). Jakarta: Rajawali Press.

Cendani, A. A. (2020). Pengaruh Moralitas Individu Dan Pengendalian Internal Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada Bappeda Kota Makassar.

Fadrian, Agus dan Agus Irianto. 2014. Pengaruh Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar, dan Motivasi Berprestasi terhadap Perilaku Menyontek Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Husna, Annisa Al. 2015. Pengaruh Kemandirian Belajar, Konformitas dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STIKIP PGRI Sumatera Barat. E-Journal. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Hartanto, Dody. (2012). Bimbingan & Konseling Menyontek: Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: Indeks.

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadijah, S., & Jamaluddin. (2020). Pengaruh Penyalahgunaan Teknologi Informasi Dan Integritas Mahasiswa Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Sebagai Calon Akuntan. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 2(2), 158–168. https://doi.org/10.31605/jepa.v2i2.701

Jannah, N. W. M., Malikah, A., & Sari, A. F. K. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Penyalahgunaan Teknologi Informasi Dan Integritas Mahasiswa Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Sebagai Calon Akuntan (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi 09(06), 1–9.

Kohlberg, L. 1981. The Philosophy of Moral Development, Moral Stage and Idea of Justice. San Francisco : Harper and Row.

Kurniawan, Anon. 2011. Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Psikologi UNES. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Lambert, E.G., Hogan, N.L., & Barton S.M. 2003. Collegiate academic dishonesty revisited: what have they done, how often have they done it, who does it, and why did they do it. Electronic Journal of Sosiology.

Melasari, R. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar , Penyalahgunaan Teknologi Informasi Dan Integrasi Mahasiswa Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Sebagai Calon Akuntan (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Unirvesitas Islam Indragiri). Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 79–93.

Nursani, Rahmalia. 2013. Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud Diamond. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.

Noch, M., Pattiasina, V., Seralurin, Y., & Ratag, F. (2019). Non-ethical Behaviour Mediates Relationship of Rules Obedience, Management Morality, and Effectiveness of Internal Monitoring System towards Accounting Fraud Tendency. Proceedings of the 1st International Conference on Finance Economics and Business, ICOFEB 2018

Prasojo, Latip Diat dan Riyanto. (2010). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Pudjiastuti, Endang. 2012. Hubungan “Self Efficacy” dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. Mimbar, Volume XXVIII, Nomor 1. Fakultas Psikologi Unisba.

Probovury, Ratih Azka. 2015. Pengaruh Penyalahgunaan Teknologi Informasi Dan Integritas Mahasiswa Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Sebagai Calon Akuntan. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sit, Masganti. 2010. Optimalisasi Kompetensi Moral Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi.

Wardana, I. G. J., Sulindawati, N. L. G. E., & Sujana, I. E. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Integritas Mahasiswa Dan Penyalahgunaan Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undiksha, 8(2), 1–10.

Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial D Sma Negeri 2 Banguntapa, Bantul.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Sososutiksno, C. (2023). FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DI MASA PANDEMI COVID-19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(1), 137–150. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.45681