AUTHOR GUIDELINES

Pedoman Penulisan pada Media Teknologi Hasil Perikanan (MTHP)

 

Untuk membuat artikel yang diterbitkan di MTHP, penulis harus mempertimbangkan beberapa pedoman, sebagai berikut:

Format Artikel Secara Umum

  1. Artikel yang akan dikirim haruslah artikel yang belum pernah dipublikasikan atau dikirim ke mana pun.
  2. Setiap artikel yang akan diserahkan pada MTHP diizinkan untuk ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris.
  3. Naskah setidaknya 5 halaman dan diketik dalam MS.Word, 1 kolom, spasi 1.5, font Times New Roman, Ukuran font 12, dengan format kertas A-4, dan margin normal (1” di tiap sisinya)
  4. Sebelum disubmit format artikel anda dengan memberikan nomor di setiap baris “Line Numbers” (Klik Layout Line Numbers→Continuous), atau gunakan template yang ada untuk mengetik artikel anda. Template dapat diunduh melalui . Hal ini untuk memudahkan proses peer review
  5. Untuk bisa mengirinkan artikel secara daring, terlebih dahulu anda perlu mendaftar sebagai “author” melalui https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmthp/user/register
  6. Artikel anda perlu diserahkan secara daring dengan proses login setelah anda mendaftar melalui https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmthp/login
  7. Artikel yang dikirim dalam jurnal ini mencakup penelitian tentang yang berhubungan dengan penerapan teknologi bagi peningkatan kualitas produk perikanan, pengembangan produk baru hasil perikanan, keamanan produk hasil perikanan,pemanfaatan limbah hasil perikanan serta topik lain yang berhubungan erat dengan pemanfaatan dan pengolahan hasil perikanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia.
  8. Naskah diketik dengan mempertimbangkan penggunaan bahasa standar, tanda baca, dan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Lihat https://puebi.readthedocs.io/en/latest/

 

Isi Naskah

  1. Judul: Judul artikel harus jelas (tidak ambigu) dan mengidentifikasi konten. Judul tidak boleh lebih dari 20 kata (termasuk penggunaan nama latin)
  2. Nama Penulis dan Afiliasi: Tulis nama penulis tanpa gelar akademis atau kredit. Jika penulisnya lebih dari satu orang, tulis semuanya. Afiliasi meliputi: program studi, jurusan, fakultas, universitas, alamat penulis. Tunjukkan penulis korespondensi yang sesuai (termasuk alamat email) dengan menambahkan tanda bintang (*) di belakang nama penulis. Nama penulis ditulis di bawah judul. Alamat korespondensi (mis., Alamat email)
  3. Abstrak: Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak harus berisi masalah utama penelitian, tujuan penelitian, metode atau pendekatan, dan hasil penelitian. Abstrak harus dalam satu paragraf dengan tidak lebih dari 200 kata yang berisi: latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.
  4. Kata kunci: Maksimal 5 kata kunci dalam bahasa Inggris/Bahasa Indonesia dengan makna yang sangat jelas. Kata kunci dipisahkan oleh koma (,).
  5. Pendahuluan: Pendahuluan berisi latar belakang penelitian, deskripsi singkat dari tinjauan literatur dari penelitian sebelumnya untuk menunjukkan keterbatasan penelitian sebelumnya (gap analysis), tujuan penelitian, kebaruan penelitian.
  6. Metode Penelitian: Berisi alat dan bahan, rancangan percobaan, prosedur penelitian, analisa data. Akan lebih baik jika disertai diagram alir penelitian. Untuk studi literature (review paper) tidak perlu menyajikan metode penelitian.
  7. Hasil dan Pembahasan: Artikel harus menuliskan hasil yang didapatkan didukung oleh data-data yang disajikan dalam bentuk Tabel atau Grafik. Grafik harus disajikan dalam format B&W. Pembahasan ditujukan untuk menjelaskan alasan data yang diperoleh dibandingkan dengan teori yang relevan atau studi sebelumnya, fakta aktual, komentar, dan analisis yang masuk akal dari para peneliti. Pemanfaatan sub-bab dalam pembahasan disesuaikan dengan kebutuhan.
  8. Gambar: Gambar harus diberi nomor secara berurutan (mis., Gambar 1, dll.). Keterangan gambar harus berada di tengah dan ditempatkan di bawah gambar.
  9. Tabel: Tabel harus disusun secara berurutan (mis., Tabel 1, dll.). Judul tulisan harus (pelurusan tengah) dan ditempatkan di atas, seperti contoh berikut.
  10. Rumus Matematika: Rumus matematika harus diberi nomor dan disajikan dengan jelas menggunakan Microsoft Equation.
  11. Kesimpulan: Ini berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan secara singkat menggambarkan hasil yang membahas hipotesis dan / atau tujuan atau temuan penelitian. Ini adalah ringkasan penelitian dan diskusi, yang relevan dengan temuan, disajikan secara deskriptif, bukan numerik. Saran memberikan hal-hal yang diharapkan untuk dilakukan terkait dengan ide-ide lebih lanjut yang telah diusulkan oleh penelitian.
  12. Referensi: Setiap sumber yang digunakan dalam teks harus dicantumkan dalam referensi. Dan semua referensi dimasukkan dalam tubuh teks. Referensi literatur minimal 10 dan dari jurnal ilmiah dengan DOI dan setidaknya 80% dari mereka diterbitkan dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir. Bentuk referensi buku maksimal dua buku. Disarankan untuk menggunakan manajer referensi (mis., Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote, dll.) Dalam proses penulisan teks dan kutipan. Format penulisan referensi menggunakan edisi APA 7 (American Psychological Association) silakan unduh cara mengutip: https://libguides.csudh.edu/citation/apa-7. Semua kutipan harus hyperlink dengan referensi.

 

Tautan penting

Pendaftaran untuk Online Submission:

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmthp/user/register

Tutorial for Online Submission:

 

Tutorial for Revision Manuscript:

 

Manuscript Template: