HUBUNGAN STATUS MEROKOK DAN KONSUMSI ALKOHOL DENGAN KUALITAS HIDUP PENDUDUK DI DESA TAMBUN KEPULAUAN TALISE KECAMATAN LIKUPANG BARAT KABUPATEN MINAHASA UTARA

Authors

  • Prasuthio Chintya
  • Sekplin A. S. Sekeon
  • Angela F.C. Kalesaran

Abstract

Kualitas hidup masyarakat dan pembangunan kesehatan berhubungan, dimana bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, keinginan dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap individu sehingga derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dapat tercipta kualitas hidup dipengaruhi beberapa faktor antara lain perilaku masyarakat tidak sehat dapat dilihat dari kebiasaan merokok masyarakat dan meningkatnya  penyalahgunaan alkohol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status merokok dan konsumsi alkohol dengan kualitas hidup penduduk di Desa Tambun Kepulauan Talise Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan November 2018 di Desa Tambun Kepulauan Talise. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 responden dengan usia > 17 tahun dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner status merokok, konsumsi alkohol dan EQ-5D-5L. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat sedangkan uji chi square digunakan untuk analisis bivariat dengan CI=95% dan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60,9 % responden dengan status  merokok memiliki kualitas hidup baik dengan nilai p=0,277, dan 62,5% responden yang mengkonsumsi alkohol memiliki kualitas hidup buruk dengan nilai p=0,037. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara status merokok dengan kualitas hidup dan terdapat hubungan antara konsumsi alkohol dengan kualitas hidup penduduk di Desa Tambun Kepulauan Talise Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara.

 

Kata Kunci: Status Merokok, Konsumsi Alkohol, Kualitas Hidup.

 

ABSTRACT

The quality of community life and health development is related, which aims to increase awareness, willingness, and ability to live healthy for each individual so that the highest degree of health can be created. This study aims to determine the relationship between smoking status and alcohol consumption with the quality of life of the population in Tambun Talise Island, Likupang Barat, North Minahasa. This research is a quantitative study with a cross sectional approach carried out in November 2018 in Tambun, Talise Island. The sample in this study were 85 respondents with age> 17 years with the sampling technique using simple random sampling. The instruments used in this study were smoking status questionnaires, alcohol consumption and EQ-5D-5L. Univariate analysis were applied while chi square  tests were used for bivariate analysis with CI = 95% and α = 0.05. The results showed that 60.9% of respondents with smoking status had a good quality of life with a p value of 0.277, and 62.5% of respondents who consumed alcohol had a poor quality of life with a value of p = 0.037. Based on the results of the study it can be concluded that there is no relationship between smoking status and quality of life and there is a relationship between alcohol consumption and the quality of life of the population in Tambun Talise Island, Likupang Barat, North Minahasa.

 

Keywords: Smoking Status, Alcohol Consumtion, Quality Of Life

Downloads

Published

2019-02-15