HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA GAMER ONLINE PENGGUNA KOMPUTER DI WARUNG INTERNET M2G SUPERNOVA MALALAYANG

Authors

  • Jefrains Ch Manuputty Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sekplin A. S. Sekeon Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Grace D. Kandou Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Kecanduan game online disebabkan oleh individu yang tidak bisa berhenti bermain game dan melakukan hal tersebut secara terus- menerus dan tidak bisa melepaskan kebiasan untuk bermain game online. Seseorang yang bermain game yang terlalu lama dan tidak memperhatiakn waktu untuk tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur. Tidur atau beristirahat sama halnya dengan kebutuhan dasar lainnya dimana jika seseorang mengalami masalah tidur dapat mempengaruhi kualitas tidurnya. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan antara kecanduan bermain game online dengan kualitas tidur pada gamer online pengguna komputer di warung internet M2G Supernova Malalayang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ini bersifat observasional analitik untuk menganalisis hubungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus - September 2019. Subjek penelitian adalah 43 orang. Instrumen atau alat ukur yang digunakan dalam penelitian yaitu kuisoner PSQI dan kuioner kecanduan game. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan chi-square dengan p = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan game online 24 orang dengan persentase 55,8% dan yang tidak kecanduan game online  19 orang dengan persentase 44,2%. Hasil uji statistik menunjukan bahwa ada hubungan antara kecanduan game online dengan kualitas tidur dengan nilai p= 0,011. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kecanduan game online memiliki hubungan yang bermakna dengan kualitas tidur.

 

Kata kunci : Kecanduan game online, kualitas tidur

 

ABSTRACT
Addicted online games are caused by individuals who can not stop playing games and do so continuously and can not let go of the habit to play online games. A person who is playing a game too long and does not notice time to sleep can affect the quality of sleep. Sleep or rest as well as other necessities where if a person is experiencing sleep problems can affect the quality of his sleep. The purpose of this research is to know the relationship between addicted to playing online games with quality sleep on online games computer users in Internet stalls M2G Supernova Malalayang. This type of quantitative study with the research design is analytical observational to analyze relationships. The study was conducted in August-September 2019. The research subject is 43 people. The instrument or measuring device used in the study was the Kuisoner PSQI and Kuioner game addiction. The analysis of the data used is univariate and bivariate analysis using Chi-square with P = 0.05. The results of this study showed that online gaming addiction is 24 people with a percentage of 55.8% and that is not addicted to online gaming 19 people with a percentage of 44.2%. Statistical test results show that there is a link between online game addiction with sleep quality with a value of P = 0.011. The conclusion of this research is that online gaming addiction has a meaningful relationship with the quality of sleep.


Keywords: addictde online games, sleep quality

Downloads