HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP IBU SERTA DUKUNGAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) DI PUSKESMAS RANOTANA WERU KOTA MANADO

Authors

  • Arine Mamalanggo Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Adisti A. Rumayar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • F. R. Raymond Maramis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Kunjungan antenatal care (ANC) adalah pemeriksaan selama hamil pertama sampai memasuki masa persalinan yang di lakukan oleh tenaga professional dokter/tenaga kesehatan bertujuan untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan kemungkinan gawat daruratan, pemeriksaan fisik secara terfokus, dan deteksi dini komplikasi selama masa kehamilan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Waktu penelitian pada bulan September-November 2019. Sampel dalam penelitian ini ibu yang datang berkunjung di Puskesmas Ranotana Weru Kota Manado dengan 81 ibu. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah koesioner. Hasil uji penelitian Chi-square di dapati hasil bahwa ada hubungan pengetahuan dengan kunjungan Antenatal Care nilai p Value = (0,011<0,05) dan ada hubungan sikap dengan kunjungan Antenatal Care nilai p Value = (0,006<0,05) serta ada hubungan dukungan petugas kesehatan dengan kunjungan Antenatal Care dengan nilai p Value = (0,003<0,05).

 

Kata Kunci : Kunjungan antenatal care, pengetahuan, sikap, dukungan petugas kesehatan

 

ABSTRACK

An antenatal care (ANC) visit is an examination during the first pregnancy until labor is carried out by a professional doctor / health professional aiming to prepare for the birth of a baby and possible emergencies, focused physical examination, and early detection of complications during the period pregnancy. This research is a quantitative study with analytic survey design with cross sectional study approach. The time of the study was in September –November 2019. The sample in this study was the mother who came to visit the Ranotana Weru Public Health Center in Manado with 81 mothers.This study used a questionnaire as instrument. Chi-square research test results found that there is a relationship of knowledge with Antenatal Care visit p value = (0.011 <0.05) and there is a relationship between attitude and Antenatal Care visit p value = (0.006 <0.05) and there is a relationship support of health workers with Antenatal Care visit with p value = (0.003 <0.05).

 

Keywords: Antenatal care visits, knowledge, attitudes, support of health workers

Downloads