Distribusi dan Kelimpahan Pterapogon kauderni Koumans, 1933 (Apogonidae) di Selat Lembeh Bagian Timur, Kota Bitung

Authors

  • Nathasya sheilla Thiffany Carlos
  • Ari B. Rondonuwu
  • Vctor N.R. Watung

DOI:

https://doi.org/10.35800/jip.2.3.2014.9124

Abstract

This study was aimed at knowing the distribution of Banggai cardinalfish, Pterapogon kauderni, using haphazard survey method. Data collection was done in Lembeh Strait,  Mawali, Batu Lubang, and Kareko. The fish found in 3 locations inhabited several habitats, such as anemone, corals, can, garbage, and sea urchin, in which sea urchin Diadema sp., is the habitat outnumbering the other habitats and the most used. The interesting point of this study is the fish were recorded in branching corals, and even there was one site where sufficient number of branching coral colonies was used as the habitat of Pterapogon kauderni. Thus, this study suggested that the distribution of  Pterapogon kauderni will follow the natural habitat condition and not be always dependent upon the sea urchin colony.

 


Keywords : Distribution, habitat, dominance

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui distribusi ikan capungan Pterapogon kauderni dengan metode survey jelajah. Pengambilan data penelitian dilakukan di Pulau Lembeh, kelurahan Mawali,Batu Lubang, Kareko. Ikan Pterapogon kauderni yang ditemukan pada 3 lokasi penelitian mendiami beberapa jenis habitat, seperti anemone, karang, kaleng/sampah dan bulu babi genus Diadema sp., yang merupakan habitat yang medominasi dibandingkan dengan habitat lainnya. Hal yang menarik dari penelitian ini adalah  ikan Pterapogon kauderni juga teramati di koloni-koloni karang bercabang, dan bahkan di satu lokasi beberapa jumlah koloni karang bercabang yang dijadikan habitat Pterapogon kauderni. Dengan demikian diduga bahwa sebaran populasi Pterapogon kauderni juga akan menyesuaikan dengan kondisi habitat alami yang ada dan tidak akan selalu tergantung pada koloni bulu babi.

 

Kata Kunci : Distribusi, habitat, dominasi

1 Bagian dari skripsi

2 Mahasiswa Program Studi Agrobisnis Perikanan FPIK-UNSRAT

3 Staf pengajar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulang

Downloads

Published

2015-05-12

How to Cite

Carlos, N. sheilla T., Rondonuwu, A. B., & Watung, V. N. (2015). Distribusi dan Kelimpahan Pterapogon kauderni Koumans, 1933 (Apogonidae) di Selat Lembeh Bagian Timur, Kota Bitung. Jurnal Ilmiah PLATAX, 2(3), 121–126. https://doi.org/10.35800/jip.2.3.2014.9124

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>