Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for ZOOTEC?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

ZOOTEC
PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ZOOTEK
PENYERAHAN ARTIKEL


A1. Aturan Umum

  • Artikel harus original dan belum pernah diterbitkan pada jurnal ilmiah lainnya.
  • Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, kecuali untuk abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Artikel harus ditulis oleh minimal 2 penulis
  • Artikel diketik menggunakan Times New Roman 12 points
  • Artikel diketik 1,5 spasi kecuali Judul artikel, Abstrak/Abstract, Judul Tabel, Isi Tabel, Keterangan Tabel, Keterangan Gambar diketik 1 spasi.
  • Artikel ditulis menggunakan ukuran kertas A4, Margin kiri,kanan, atas, bawah 1 inch (2,54 cm)
  • Artikel ditulis tidak lebih dari 7-12 halaman dan setiap tambahan 1 halaman akan dikenakan biaya tambahan.
  • Artikel harus ditulis dalam 2 file yang terdiri dari 1 file format 1 kolom, dan file yang lain format 2 kolom. 
  • Untuk File 1 kolom Tabel dan Gambar diletakan setelah Daftar Pustaka. Nama email dan alamat instansi semua penulis dicantumkan setelah Tabel ataupun Gambar (bagian terakhir dari artikel). Artikel diberi line number. 
  • Untuk file 2 kolom. judul artikel, nama penulis, tempat bekerja/alamat penulis, Tabel (judul, keterangan), Gambar (keterangan) ditulis dalam 1 kolom. Penempatan Tabel dan gambar harus ditulis pada bagian awal atau akhir halaman tanpa didahului atau di akhiri oleh kalimat  Mengikuti bentuk artikel seperti pada jurnal zootek yang telah terbit.
  • File harus disimpan dalam format word document.
  • Pustaka harus menggunakan sumber terbaru (10 tahun terakhir) kecuali untuk kutipan pada bagian Meateri dan Metode Penelitian diijinkan bisa dibawah 10 tahun terakhir. 
  • Kutipan pustaka minimal 60% berasal dari publikasi jurnal dan disarankan mensitasi 1-2 publikasi dari jurnal zootek
  • Artikel harus dikirim melalui email: jzootek@yahoo.com
  • Artikel yang tidak mengikuti persyaratan tidak akan diproses lebih lanjut

A2. Struktur Artikel
Secara umum artikel terdiri atas Judul, Abstrak bahasa Indonesia, Abstract bahasa Inggris, Pendahuluan, Materi dan Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan terima kasih (jika ada), Daftar Pustaka. Semua Judul utama tersebut harus diketik dalam huruf kapital-Bold dan ditempatkan ditengah halaman

JUDUL: Tidak lebih dari 20 kata, ditulis dalam huruf kapital-bold 12 pt Time New Roman, singkatan tidak diperkenankan. Judul diikuti oleh nama penulis lengkap dengan alamat institusi. Jika penulis terdiri atas beberapa orang dari berbagai institusi maka diberi superskrip dengan angka (1,2, dst) setiap nama penulis, sedangkan yang akan menjadi kontak person/ koresponding email di beri tanda * berurutan dengan nomor dan dituliskan kembali di bagian paling akhir kiri bawah kolom pertama halaman awal artikel dan ditulis emailnya. Penulisan korespondensi (corresponding author) lihat contoh pada jurnal zootek yang telah terbit.

ABSTRAK (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Ditulis masing masing tidak lebih dari 250 kata ditulis 1 spasi 12 pt. Terdiri atas pernyataan jelas tentang tujuan penelitian diikuti oleh materi dan metode penelitian, hasil dan kesimpulan penting tanpa referensi. Abstrak bahasa Indonesia langsung dituliskan isi abstraknya dibawah penulisan ABSTRAK, sedangkan absrak bahasa inggris dituliskan judul penelitian dalam bahasa inggris dibawah penulisan ABSTRACT dengan huruf kapital-bold dan disambungkan langsung dengan isi abstrak (tidak terpisah) Di bagian akhir abstrak dituliskan 3-5 kata kunci. berurutan menurut abjad.

PENDAHULUAN: Harus memberikan informasi penting bagi pembaca untuk memahami penelitian yang akan dilakukan. Penelitian sebelumnya berkaitan dengan topik yang dikaji harus dirangkum dan tujuan penelitian harus dinyatakan dengan jelas.

MATERI DAN METODE: Bagian ini memberi penjelasan tentang metode penelitian termasuk model analisis yang digunakan dan sumber data, prosedur statistik, referensi dari prosedur penelitian harus dicantumkan. Materi penelitian harus digambarkan dengan jelas pakan dan pemberiannya, kondisi ternak (breed, umur, sex, berat badan). Semua modifikasi dari metode penelitian harus dijelaskan. Peralatan yang digunakan dalam penelitian, nama komersial, jenis alat, produk negara.

HASIL DAN PEMBAHASAN: Hasil dan pembahasan dapat digabungkan atau dipisahkan\. Jika dipisahkan maka bagian hasil hanya terdiri atas hasil penelitian penulis dan tidak ada literature pembanding kecuali dalam bagian pembahasan. Dipresentasikan dalam bentuk Tabel atau Gambar. Tidak boleh ada duplikasi informasi pada Tabel dan gambar. Simbol/singkatan pada Tabel harus diterangkan pada bagian keterangan Tabel (di bawah Tabel). Seandainya penulis ingin memisahkan hasil dari pembahasana, maka pada bagian pembahasan tidak lagi mengulangi hasil penelitian. Pembahasan harus menginterpretasi hasil penelitian secara jelas

KESIMPULAN: Ditulis maksimum 100 kata, rekomendasi dapat di tambahkan di bagian ini.

UCAPAN TERIMA KASIH: Tulislah yang telah berkontribusi dalam penelitian anda selain anggota penulis, lembaga yang mensponsori/mendanai penelitian ini.

DAFTAR PUSTAKA:
Kutipan jurnal harus 10 tahun terakhir
Tidak diijinkan menggunakan kutipan menggunakan anonymous
Contoh penulisan kutipan dalam naskah: Wantasen (2009); (Wantasen, 2009); Paputungan et al. (2010); (Paputungan et al., 2010); Paputungan dan Sondakh (2011); (Paputungan dan Sondakh, 2011). Tidak boleh menggunakan dkk, contoh, Elly dkk.(2008)
Ditulis menurut alphabet dimulai huruf pertama dari nama akhir penulis pertama.

Jurnal :
Lee, J.W., S.B. Choi, Y.H. Jung dan L.D. Van Vleck. 2000. Parameter estimates for direct and maternal genetic effect on yearling, eighteen month, and slaughter weights of Korean native cattle. J. Anim. Sci 78(2):1414-1421

Proceeding seminar, konfrensi, simposium :
Guenter, W. dan J.S. Sim. 1998. Production of special and modification eggs. Proceedings, Synposium Series 2. The 8th World Conference on Animal Production, Seoul National University, Seoul, Korea, June 28 – July 4, 1998. P. 361-370

Thesis atau Disertasi :
Rao, S. 1997. Genetic Analysis of Sheep Discrete Reproductive Traits Using Simulation and Field Data. PhD Thesis. Virginia Polytechnic Institute and State University, Blacsburg, Virginia

Standart Books :
Steel, R.G.J. dan J. H. Torrie. 1980. Principles and Procedures of Statistics. McGraw-Hill Book Co. Inc. New York

Artikel dalam buku :
Launchbaugh, K., J. A. Pfister, S. Lopez-Ortiz, dan R. Frost. 2007. Body Condition Affects Blood Alkaloid and Monoterpene Kinetics and Voluntary Intake of Chemically-Defended Plants by Livestock. In: K. E. Panter, T. L. Wierenga, and J. A. Pfister (Eds). Poisonous Plants: Global Research and Solutions. CAB International, Wallingford. p. 394-400.

GAMBAR :
Semua gambar harus diberi nomor urut yang dituliskan dibawah gambar sebagai keterangan dari gambar tersebut sebagai judul gambar.
Judul gambar menggunakan huruf kapital pada tiap awal kata, huruf time new roman12 pt. Jika judul gambar lebih dari satu baris maka jarak baris adalah 1 spasi
Untuk gambar bentuk diagram, harus menggunakan format grouping.
Semua tulisan dalam gambar menggunakan huruf Times new roman

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.