Analisis pengaruh atribut kemasan terhadap minat beli susu cair Ultra Milk (studi kasus pada konsumen Freshmart Express Airmadidi Superstore)

F R Sigarlaki, M L Rundengan, J Pandey

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut kemasan (warna, gambar, huruf/tipografi, bentuk dan ukuran) terhadap minat beli konsumen susu cair Ultra Milk di Freshmart Express Airmadidi Superstore dan untuk mengetahui atribut kemasan yang paling mempengaruhi minat beli konsumen susu cair Ultra Milk di Freshmart Express Airmadidi Superstore. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2021 di Freshmart Express Airmadidi Superstore, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden, dimana sampel dipilih berdasarkan kriteria yaitu pengunjung Freshmart Express Airmadidi Superstore dan konsumen susu cair Ultra Milk yang ditemui saat berbelanja. Model analisis data yang digunakan antara lain analisis regresi linier berganda (skala Likert), uji F, dan uji t. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS versi 25 for windows. Atribut-atribut kemasan yang mempengaruhi minat beli (Y) yaitu warna (X1), gambar (X2), huruf/tipografi (X3), bentuk (X4), dan ukuran (X5). Atribut kemasan yang paling mempengaruhi minat beli konsumen adalah warna (X1)


Keywords


Kemasan, warna, gambar, huruf/tipografi, bentuk, ukuran, minat beli

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35792/zot.41.2.2021.35973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ALAMAT REDAKSI:

Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi

Jalan Kampus, Bahu  Manado, 95115

Telp. 0431-863186, E mail : jzootek@yahoo.com