PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PROMOSI KOPI REDO DI INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.37188Abstract
Abstract:  Nowadays, there are more and more coffee producers competing in Indonesia, one of them is Kopi Redo. In competing for customers, promotion carried out by these producers must be done as effectively as possible to attract potential customers, particularly through Instagram as a social media that is used by many coffee producers to introduce their products. The aim of this research is to ascertain customers’ perception towards promotion carried out by Kopi Redo in their Instagram account. Th researchers chose a range as a statistical tool to determine the cutomers’ overall perception, their perceptions towards each variable based on the concept of 4C (Context, Communication, Collaboration, and Connection), as well as towards indicators of each variable. Questionnaire was distributed to the followers of @redo.coffee, which resulted in feedback gathered from 155 respondents. The results showed that consumers had a positive perception in terms of the overall promotion carried out by Kopi Redo on its Instagram account and they also agreed that each variable and indicators had been impelemented effectively.
Â
Abstrak: Â Saat ini, semakin banyak produsen kopi lokal yang meramaikan pasar persaingan di Indonesia, salah satunya adalah Kopi Redo. Dalam memperebutkan konsumen, promosi yang dilakukan oleh produsen kopi haruslah dilakukan dengan seefektif mungkin agar dapat menarik perhatian calon konsumen, terutama melalui media sosial Instagram yang banyak digunakan sebagai alat promosi oleh para produsen kopi untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat persepsi konsumen terhadap promosi yang dilakukan oleh Kopi Redo melalui akunnya di Instagram. Metode yang dipilih adalah dengan menggunakan rentang untuk melihat tingkat persepsi konsumen terhadap keseluruhan dan masing-masing variabel yang berdasarkan pada konsep 4C (Context, Communication, Collaboration, dan Connection), serta indikator-indikator untuk setiap variabel tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada para pengikut akun Instagram @redo.coffee, sehingga didapatkan respon dari 155 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen memiliki persepsi yang positif terhadap promosi yang dilakukan Kopi Redo di Instagram baik secara keseluruhan, maupun dilihat dari penerapan masing-masing konsep 4C dan masing-masing indikatornya.
Â
References
Alas, R., Ãœbius, U., Lorents, P., & Matsak, E. (2017). Corporate Social Responsibility In European And Asian Countries. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 4 No. 1
Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
International Coffee Organization. (2021). Exports of All Forms of Coffee by Exporting Countries to All Destinations. London: International Coffee Organization.
Kotler, P. K. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta : Erlangga.
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh.
Nafisah, & Widyayanti, E. R. (2018, Desember). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media terhadap Minat Beli Konsumen. Retrieved from http://eprint.stieww.ac.id: http://eprint.stieww.ac.id/713/1/174187%20Nafisah%20%26%20Evi%20Rosalina%20Widyayanti.pdf
NapoleonCat. (2021). Instagram users in Indonesia. Warsaw. Retrieved September 20, 2021, from https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/08/
Pandiangan, P., & Martini, I. (2021). Digital Marketing Strategy of Property Agents in The New Normal Era. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31251
Schiffman, L., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior. Boston: Pearson Education.
Spatz, C. (2011). Basic Statistics: Tales of Distibution. Wadsworth: Centgage Learning.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Zumardi, A., & Sanica, I. (2021). Strategi Mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Badung (Pad) Dari E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31408