ANALISIS PENETRASI PASAR DAN PEGEMBANGAN PASAR TERHADAP RETENSI PELANGGAN OLEH PETANI CABE KERITING DI KELURAHAN KAKASKASEN I DAN KAKASKASEN II KECAMATAN TOMOHON UTARA KOTA TOMOHON PROPINSI SULAWESI UTARA – INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44261Abstract
Abstract. Customer retention is considered a very important goal and competitive component in any business environment today. Market penetration and market development is one of the important aspects in business activities. The market has a strategic value as a meeting place for sellers and buyers. The purpose of this study is to study and analyze the application of market penetration and market development of curly chili farmers in Kakaskasen I and Kakaskasen II sub-districts, North Tomohon, Manado City. The research method used in this study is a qualitative method with data sources obtained from observations and in-depth interviews with various sources. The results of the study show that the implementation of Market Penetration in the implementation of the curly chili marketing process is good in the application of the market penetration method by providing time and opportunity for customers to make purchases directly in the garden, but the consistency of the agreement is often ignored, this will affect customer retention to remain loyal to the product. the farmers
Abstrak. Retensi pelanggan dianggap sebagai tujuan yang sangat penting dan komponen kompetitif dalam lingkungan bisnis apa pun saat ini. Penetresi pasar dan Pengembangan pasar merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan bisnis. Pasar memiliki nilai strategis sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli .Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis penerapan penetrasi pasar dan pengembangan pasar para petani cabe keriting di kelurahan Kakaskasen I dan Kakaskasen II kecamatan Tomohon Utara Kota Manado. metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari observasi dan hasil wawancara secara mendalam dengan berbagai narasumber. Hasil peneltian menunjukkan Penerapan Market Penetration dalam pelaksanaan proses pemasaran cabe keriting sudah baik dalm penerapan metode penetrasi pasar dengan memberikan waktu dan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan pembelian langsung di kebun, namun konsistensi kesepakatan seringkali di abaikan ini akan berpengaruh terhadap retensi pelanggan utnuk tetap setia dengan produk para petani.
Keyword: Market Penetration, Market Development, Customer Retention
References
Alkasim, Ilham, Bohari (2017). The impact of market penetration strategy and market development strategy on the competitive advantage of manufacturing based SMEs . International Journal of Economic Research (2017) 14(19) 73-84
Alkasim, Ilham, Bohari (2018). The mediating effect of cost leadership on the relationship between market penetration, market development, and firm performance. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), Vol. 12 Issue 3
Amin Widjaja Tunggal. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Strategik. Jakarta : Harvarindo.
Ansoff, I. (1965). Strategi perusahaan. Manajemen (Vol. 44). Jakarta : Alphabet
Avinash Somjani ( 2021 ) Enhancing Customer Retention In Retail Industry. Symbiosis Institute of Business Management (SIBM)
Wahid, A., Gosari, B A J., Firman and A S Cangara. (2022) Strategi pengembangan pasar ikan lele. Simposium Internasional ke-4 tentang Ilmu Kelautan dan Perikanan. Konferensi IOP Seri: Ilmu Bumi dan Lingkungan 860 (2001) 012056 doi:10.1088/1755-1315/860/1/012056
Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno, 2003. Inovasi Pasar Dengan. Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Miles & Huberman.1992. Sumber Tentang Metode – Metode Baru. Jakarta : Universitas Indonesia
Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ragda Climis ( 2021 ) . Factors Affecting Customer Retention in the Airline Industry. Journal of Management and Business Administration. Central Europe”
Sidi, Abdul, Shamir (2018) .The mediating effect of cost leadership on the relationship between market penetration, market development, and firm performance. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), Vol. 12 Issue 3.
Sofjan Assauri. (2011). Strategic Management Sustanable Competitive Advantages, Jakarta Penerbit PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Sugiono ( 2019 ) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, da R&D. Bandung: CV
Zahro (2017). Strategi Pengembangan Pasar.