POLA KOMUNIKASI IBU SINGLE PARENT TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI ANAK DI KELURAHAN TINGKULU

Authors

  • Tirza Juwita Losa
  • Antonius Boham
  • Stefi Harilama

Abstract

Manusia tidak pernah terlepas dari kegiatan berkomunikasi dan komunikasi yang terjadi dimasyarakat diawali dalam sebuah kelompok kecil yaitu keluarga. Komunikasi yang terjadi dalam keluarga menentukan karakter anak, tentang sikap, perilaku, dan emosional anak. Hal yang terpenting dalam  komunikasi keluarga adalah  menjalin hubungan komunikasi antara orangtua dan anak secara baik dan efektif, sehingga anak dapat memahami orientasi konsep meski dengan latar belakang yang berbeda. Dengan demikian penulis tertarik untuk meneliti tentang Pola Komunikasi Ibu Single Parent Terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak di Kelurahan Tingkulu.

Kualitatif adalah suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian (McMillan & Schumacher, 2003 :10).

Dengan demikian, pola komunikasi keluarga pada kondisi orang tua tunggal berbeda-beda. Orientasi konsep juga secara berbeda diterima oleh anak, sehingga konsep diri yang tercermin berbeda-beda. Karena itu penelitian tentang “Pola Komunikasi Ibu Single Parent Dalam Pembentukan Konsep Diri Anak†berfokus kepada bagaimana pola komunikasi ibu single parent dengan anaknya dan bagaimana konsep diri anak.

Keywords: Pola Komunikasi, Konsep diri.

Downloads

How to Cite

Losa, T. J., Boham, A., & Harilama, S. (2016). POLA KOMUNIKASI IBU SINGLE PARENT TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI ANAK DI KELURAHAN TINGKULU. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11734

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>