PEMANFAATAN LAYANAN INTERNET PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Anjani Grace Karundeng
  • Anthonius Golung
  • Antonius Boham

Abstract

Era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology) telah menjadi bagian penting dari kehidupan global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pemanfaatan layanan internet pada Perpustakaan Universitas Katolik De La Salle Manado dalam menunjang proses belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive dengan jumlah informan 10 orang terdiri dari kepala perpustakaan, staf / pegawai perpustakaan dan mahasiswa.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa frekuensi pemanfaat internet diperpustakaan oleh mahasiswa ± 2-3 kali dalam seminggu, ada juga ± 3-4 kali dalam seminggu, dengan jumlah kunjungan ± 50 orang setiap hari. Durasi penggunaan internet sebagian besar mahasiswa ± 1-2 jam ada juga yang menggunakan internet ± 2-3 jam tergantung dari mahasiswa itu sendiri. Fasilitas internet di perpustakaan dapat membantu dalam menunjang proses pembelajaran. Penelusuran informasi melalui internet lebih cepat, tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan pemustaka dan dapat bermanfaat dalam peningkatan informasi yang diperoleh melalui akses informasi diperlukan. Fasilitas internet di perpustakaan sangat berperan dalam memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan pemustaka. Sebagian besar situs yang digunakan pemustaka adalah google namun ada juga yang menggunakan yahoo dan wikipedia.

Dengan demikian dapat disarankan adanya penambahan fasilitas komputer di perpustakaan, adanya perhatian staf atau pegawai untuk meninjau atau memperbaiki koneksi jaringan internet yang kurang baik.Perlu adanya perhatian staf atau pegawai mengenai kondisi perpustakaan yang kurang memberikan kenyamanan bagi pengguna.Perlunya pengadaan mesin ganset untuk mengantisipasi pemadaman listrik.
Keyword : Internet, jaringan, komputer, perpustakaan

Downloads

How to Cite

Karundeng, A. G., Golung, A., & Boham, A. (2016). PEMANFAATAN LAYANAN INTERNET PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MAHASISWA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13541

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>