PERANAN DUTA PARIWISATA RANDA KABILASA DALAM MEMPROMOSIKAN POTENSI WISATA KOTA PALU
Abstract
Randa Kabilasa sebagai Duta Pariwisata yang berada dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kata Palu memiliki peranan yang besar dalam membantu pemerintah memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata Kata Palu kepada khalayak luas. Kata Palu adalah lbu Kata Sulawesi Tengah yang saat ini sedang berada dalam
pembangunan khususnya di bidang infrastruktur. Kata Palu sangat berpotensi karena memiliki objek wisata dan daya tarik wisata unggulan. Bahkan Kata Palu telah menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia bagian timur, serta berbagai kegiatan nasional dan kegiatan internasional telah dilaksanakan di Kata Palu. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, Kata Palu layak untuk diperkenalkan kepada seluruh daerah di Indonesia dan sampai ke luar negeri, untuk itu dibutuhkan suatu strategi promosi yang efektif dalam memperkenalkan potensi wisata yang ada sehingga Kata Palu dapat menjadi lokasi wisata
yang diminati banyak wisatawan dan mengalami peningkatan kunjungan wisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Duta Pariwisata Randa Kabilasa dalam mempromosikan potensi wisata Kata Palu. Serta mendeskripsikan dan mengungkapkan seberapa jauh pengetahuan wisatawan tentang Kata Palu berdasarkan beberapa indikator
dari pandangan psikologi. Penelitian ini menggunakan Teori Bauran Promosi dan pendekatan metodologi deskriptif, hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar wisatawan belum mengetahui dengan jelas apa saja yang menjadi kelebihan, keunikan dan keunggulan Kata Palu. Wisatawan merasakan kurangnya informasi yang diberikan oleh Randa Kabilasa. Beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya informasi yaitu kurangnya dana dalam pembiayaan promosi dan belum adanya program-pragram promosi yang dirancang secara khusus oleh Randa Kabilasa untuk memperkenalkan Kata Palu. Program Randa Kabilasa lebih didominasi oleh kegiatan-kegiatan sosial dibandingkan kegiatan promosi. Selain itu, anggota Randa Kabilasa sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa yang dimana masih berfokus kepada pendidikan. Hal yang dapat disarankan ialah bahwa untuk dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kata Palu, maka peranan Randa Kabilasa sebagai Duta Pariwisata harus lebih ditingkatkan lagi yakni menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kata Palu dan sebaiknya membuat atau merancang program promosi yang kreatif dengan menggunakan strategi Bauran promosi.
Kata kunci: Peranan, Randa Kabi/asa, Promosi