POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2014

Authors

  • Yosua Ronaldo Marentek
  • Mariam Sondakh
  • Debby D.V. Kawengian

Abstract

Menurunnya prestasi belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2014 dilihat dari hasil belajar kebanyakan Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014 di semester lima, terlihat dari lima mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014 mendapatkan Indeks Prestasi Semester lima di bawah 2,75.Faktor yang menjadi penyebab penurunan prestasi belajar Mahasiswa adalah begitu banyaknya Mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dikelas tetapi tidak terlalu banyak yang ikutserta aktif dalam bertanya.

Penelitian ini membahas pola komunikasi interpersonal dosen dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal linear dosen dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data peneliti adalah data wawancara dengan lima dosen sebagai informan kunci dan lima mahasiswa sebagai informan pendukung.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa pentingnya keterbukaan dosen dalam menerapkan komunikasi interpersonal, perlu adanya sikap empati dosen terhadap permasalahan mahasiswa, sikap mendukung dosen dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, memberikan sikap positif terhadap mahasiswa dalam meningkatkan prestasi belajar dan adanya sikap kesetaraan terhadap mahasiswa yang memiliki kekurangan.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Interpersonal, Prestasi, Mahasiswa, Dosen

Downloads

Published

2018-05-15

How to Cite

Marentek, Y. R., Sondakh, M., & Kawengian, D. D. (2018). POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI 2014. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19566

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>