PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG MAKNA PESAN-PESAN DARI SANTACLAUS (Studi Di Desa Kalawat Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara)

Authors

  • Jaklin Lepa
  • Desie M.D. Warouw
  • Antonius Golung

Abstract

Penelitian ini dengan fokus permasalahan tentang Untuk mempertajam arah penelitian ini diperlukan fokus penelitian sebagai berikut : Bagaimana persepsi masyarakat tentang makna pesan-pesan yang disampaikan dari santa claus tersebut dan Bagaimana persepsi masyarakat mengenai kegiatan santa claus tersebut?Komunikasi verbal oleh santa claus kepada masyarakat dan anak-anakkomunikasi non verbal oleh santa claus kepada masyarakat dan anak-anak. pendekatan metodologi menggunakan metode kualitatif, teori fenomenologi dan teori makna sebagai acuan teori, dengan hasil penelitian bahwa :Makna pesan santa claus bagi masyarakat khususnya desa kalawat adalah tentang kebaikan dan kasih yang perlu di ajarkan kepada anak-anak sebagai bentuk pembinaan mental anak dalam menghadapi era perkembangan zaman saat ini. makna pesan santa claus dari hasil penelitian tidak pernah berubah selalu memberikan pesan tentang kebaikan, cinta kasih antar sesama, yang ditunjukkan oleh figure seorang santa claus. Persepsi masyarakat berkaitan dengan kegiatan santa claus saat ini, sudah mulai mendapatkan kritikan langsung oleh masyarakat, disebabkan sering ditemukannya berbagai pelanggaran aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan kepolisian, contohnya banyak yang sudah menggangu ketertiban umum saat konvoi di jalan raya dan berteriak di atas kap mobil serta penggunaan minuman keras oleh pendukung acara santa claus ketika melaksanakan kegiatan tersebut. termasuk sering kali terjadi kemacetan dikarenakan adanya konvoi santa claus tersebut.Komunikasi verbal denga tujuan baik selalu mewarnai perbincangan santa claus dengan anak-anak adalah berkaitan dengan pesan-pesan langsung pada anak-anak agar jangan nakal, taat beribadah, rajin sekolah dan sebagainya. sementara komunikasi noverbal santa claus adalah tampilan fisik badan dan jenggot dapat memberikan efek suka dan juga efek takut oleh anak-anak pada umumnya.
Kata Kunci : Persepsi, Makna, Pesan,

Downloads

How to Cite

Lepa, J., Warouw, D. M., & Golung, A. (2018). PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG MAKNA PESAN-PESAN DARI SANTACLAUS (Studi Di Desa Kalawat Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19973

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>