PENTINGNYA PEMILIHAN DALAM PENGADAAN KOLEKSI BUKU SESUAI DENGAN KEBUTUHAN MAHASISWA (STUDI PADA UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT)

Authors

  • Budiyanto Abdurrahman
  • Desie M.D. Warouw
  • Anthonius M. Golung

Abstract

Perubahan peradaban manusia sangat dipengaruhi berbagai factor terutama oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan di berbagai sektor kehidupan berkat ilmu pengetahuan dan teknologi telah berdampak terhadap tatanan kehidupan atau pola pikir manusia yang salah satunya dipengaruhi oleh informasi.
Banyak kalangan meyakini bahwa peradaban masa depan adalah masyarakat informasi (information society), yaitu peradaban dimana informasi sudah menjadi komoditas utama dan interaksi manusia sudah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Hasil pemilihan atau seleksi dalam kegaiatan pengadaan bahan pustaka akan menjadi acuan kegiatan-kegiatan lainnya diantaranya adalah jasa layanan perpustakaan, sebab untuk memberikan pelayanan informasi yang dapat memuaskan pemustaka, perpustakaan harus menyediakan berbagai sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka.
Bertitik tolak dari uraian tersebut diatas sangat jelas menunjukkan bahwa faktor seleksi dalam kegiatan pengadaan koleksi buku di perpustakaan sangat menentukan terhadap ketersediaan leteratur yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka.
Hal ini tentu pula berlaku di UPT Perpustakaan Unsrat dimana dalam  kegiatan pengadaan buku harus dilakukan pemilihan terlebih dahulu supaya koleksi buku yang tersedia sesuai atau relevan dengan kebutuhan pemustaka dalam hal ini dosen, peneliti, mahasiswa maupun staf pegawai agar setiap koleksi buku yang tersedia di perpustakaan benar-benar dapat dimanfaatkan terutama oleh mahasiswa.
Kata Kunci : Pemilihan, Pengadaan Koleksi Buku

Downloads

How to Cite

Abdurrahman, B., Warouw, D. M., & Golung, A. M. (2019). PENTINGNYA PEMILIHAN DALAM PENGADAAN KOLEKSI BUKU SESUAI DENGAN KEBUTUHAN MAHASISWA (STUDI PADA UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/26375

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>