STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA TOMOHON
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Tomohon. Dilihat masih begitu banyak tempat wisata yang ada di Kota Tomohon yang menarik untuk dikunjungi, namun masih kurangnya dalam hal penataan. Pariwisata merupakan satu hal yang penting bagi suatu negara. Berkembangnya sektor pariwisata di suatu negara akan menarik sektor lain untuk berkembang seperti sektor pertanian, peternakan, perkebunan, kerajinan, peningkatan kesempatan kerja. Sehingga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Tomohon, Dinas Pariwisata harus melakukan berbagai strategi untuk dapat meningkat dan berkembang. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Terpadu (IMC) dengan menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam peneltian ini yaitu pendekatan kualitatif dan pedoman wawancara sebagai pengumpulan data. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahawa strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Tomohon melalui keempat elemen bauran pemasaran yaitu Periklanan, Penjualan Personal, Promosi Penjualan, Humas/Publisitas sudah mampu meingkatkan kunjungan wisatawan dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK dan mampu melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi strategi. Dari keempat elemen bauran pemasaranyang paling menonjol dalam meningkatkan kunjungan yaitu kegiatan Humas/Publisitas.Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Kunjungan Wisatawan
Downloads
Published
2018-10-11
How to Cite
Watulangkow, Q., Pasoreh, Y., & Waleleng, G. J. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA TOMOHON. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/20975
Issue
Section
Articles