PERANAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN MANADO
Abstract
Â
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peranan Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Pengguna di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Rumusan masalah dalam penelitian  ini adalah Bagaimana Peranan Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Pengguna di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Peranan Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Pengguna di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado dari segi aspek Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating), Pengawasan (Controlling). Dalam penelitian, penulis menggunakan penelitian kualitatif yakni data yang diperoleh dari sember data (informan) yang berjumlah 4 orang pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tigas tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu (1) Perencanaan: menetapkan tujuan atau seperangkat tujuan yang dimulai dengan keputusan tentang apa yang diinginkan/dibutuhkan (2) Pengorganisasian: merupakan penjabaran dari perencanaan yang di analogikan sebagai pedoman pembagian kerja (3) Penggerakan: memimpin, mengarahkan, mengomunikasikan, memberi motivasi, serta menyediakan sarana prasarana untuk menunjang kinerja (4) Pengawasan: suatu perangkat kriteria yang harus ditetapkan sebelumya guna mengukur pelaksanaan.
Â
Kata Kunci : Peranan, Manajemen Perpustakaan, Layanan Pengguna.