PENTINGNYA KUALITAS LAYANAN DALAM PEMANFAATAN OLEH MAHASISWA DAN DOSEN DI UPT PERPUSTAKAAN INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI MANADO
Abstract
Abstrak
Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Pentingnya Kualitas Layanan dalam Pemanfaatan Jasa Layanan Perpustakaan oleh Mahasiswa dan Dosen di UPT Perpustakaan Institut Agama Kristen Negeri Manado. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan dalam pemanfaatan jasa layanan perpustakaan oleh mahasiswa dan dosen di UPT Institut Agama Kristen Negeri Manado. Berdasarkan pra-survey yang telah dilakukan oleh penulis pada UPT. Perpustakaan Institut Agama Kristen Negeri Manado, penulis mendapati dalam pemberian jasa layanan UPT Perpustakaan IAKN Manado masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan karena masalah yang didapati ialah staf perpustakaan yang kurang ramah, kehandalan bekerja yang kurang baik, serta penataan koleksi yang kurang rapi dan ketersediaan koleksi yang dibutuhkan pengguna belum sesuai dengan kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan jumlah informan 10 orang, yaitu: 1 orang kepala perpustakaan, 1 orang puskawan, 1 orang dosen dan 7 orang mahasiswa . Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu Sikap petugas dalam melayani pemustaka (Service Affect), Petunjuk dan sarana akses layanan perpustakaan (Personal control), Akses informasi (Information Acces), Fasilitas dan suasana ruang perpustakaan (Library as a place). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa di UPT. Perpustakaan Institut Agama Kristen Negeri Manado, sikap petugas dalam melayani para pemustaka sudah cukup baik, untuk petunjuk dan sarana akses layanan dalam perpustakaan sudah memadai walaupun ada beberapa gangguan seperti gangguan server pada jaringan wifi, Akses Informasi yang ada juga sangat banyak walaupun ada beberapa koleksi yang belum tersedia di Perpustakaan, pengguna juga merasa nyaman dengan fasilitas dan suasana ruang perpustakaan walaupun saat ini perpustakaan IAKN perlu untuk perluasan gedung perpustakaan.
Kata Kunci: Penting, Kualitas Layanan, Jasa Layanan