PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP IKLAN AQUA BOTOL TANPA SEGEL PLASTIK (STUDI DI KELURAHAN MALALAYANG I TIMUR KOTA MANADO)

Authors

  • Silvana Monica Dapu
  • Debby D. V. Kawengian
  • Grace Waleleng

Abstract

Iklan Aqua Botol Tanpa Segel Plastik merupakan iklan yang berisi mengenai sosialisasi produk air minum dalam kemasan merek Aqua yang memperbaharui kemasan tutup botolnya yaitu dengan menghilangkan segel plastik pada tutup botolnya. Perubahan kemasan ini dimaksudkan untuk mengurangi limbah plastik dalam rangka program Aqua ramah lingkungan, akan tetapi sebagian khalayak meragukan keamanan dan kualitas produk tersebut karena tidak menggunakan segel plastik pada tutup botolnya
Dengan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana persepsi khalayak terhadap Iklan Aqua Botol Tanpa Segel Plastik. Berdasarkan persepsi inilah pada akhirnya khalayak mengambil tindakan untuk tetap menggunakan produk yang diiklankan atau tidak. Karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana penilaian dan pemahaman khalayak terhadap iklan tersebut.
Teori A-T-R (Awareness, Trial, Reinforcement) mengajarkan bahwa khalayak itu dapat dipengaruhi oleh iklan, hasilnya kita akan mendapatkan sekelompok orang yang relatif tetap memakai atau membeli produk-produk hasil iklan itu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan karakteristik dari suatu populasi tentang suatu fenomena yang diamati. Penelitian deskriptif salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk menyajikan gambaran yang lengkap mengenai setting sosial.
Teknik analisis data yang digunakan, yaitu : data berupa hasil kuisioner yang terkumpul akan diolah menurut frekuensi dan presentasi (tabel) kemudian diuraikan dalam bentuk pernyataan menurut hasil data penelitian.
Dengan mengetahui persepsi khalayak terhadap Iklan Aqua Botol tanpa Segel Plastik maka masyarakat akan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman terhadap isi pesan dalam sebuah iklan dan apakah iklan tersebut mampu mengguggah kesadaran, membuat khalayak mecoba, bahkan mengambil tindakan untuk tetap setia menggunakan produk yang diiklankan tersebut atau tidak.
Kata kunci: Persepsi, Iklan.

Downloads

How to Cite

Dapu, S. M., Kawengian, D. D. V., & Waleleng, G. (2015). PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP IKLAN AQUA BOTOL TANPA SEGEL PLASTIK (STUDI DI KELURAHAN MALALAYANG I TIMUR KOTA MANADO). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7570

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>