POLA KOMUNIKASI ANTAR PERSONA DOSEN DENGAN MAHASISWA DALAM MENENTUKAN KEBERHASILAN MAHASISWA (STUDI PADA AKADEMI KEPERAWATAN BETHESDA TOMOHON)

Authors

  • Milton Pantow
  • Debby D. V. Kawengian
  • Eva A. Marentek

Abstract

Penelitian ini dengan judul Pola Komunikasi Antar Persona Dosen Dengan Mahasiswa Dalam Menentukan Keberhasilan Mahasiswa (Studi Pada Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon). Dengan fokus penelitian ini ada dua, yang pertama adalah dengan mencari tahu pola komunikasi apakah yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa dalam hal komunikasi antar persona, dan kedua yaitu mengamati serta mencari tahu apakah aspek komunikasi yang di utarakan oleh DeVito (2011:285) ada pada komunikasi antar persona yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa, yaitu: Keterbukaan, Empati, Dukungan, Rasa Positif, dan Kesamaan. Bentuk komunikasi yang terjadi antar dosen pembimbing akdemik dengan mahassiswa bimbingannya adalah bentuk komunikasi interpersonal. Bentuk komunikasi interpersonal ini ternyata sangat tepat sekali dalam melakukan proses bimbingan antara dosen dengan mahasiswa. Karena komunikasi ini dilakukan secara tatap muka, yang memungkinkan setiap peserta menangkap reaksi yang lain secara langsung, baik verbal maupun nonverbal (Enjang, 2009:68), dan dirasa sangat cocok untuk mempersuasif, memberikan semangat, dan hal postif lainnya untuk diterapkan dilingkungan kampus. Berdasarkan hasil penelitian, pola komunikasi yang terjadi di Akademi Keperawatan Bethesda Tomohon selama ini sudah berjalan baik, dengan menggunakan pola komunikasi Sirkular. Dimana maksud dari komunikasi sirkular ini adalah komunikasi yang terjadi dan terbentuknya feedback atau umpan balik. Arus komunikasi dari komunikan ke komunikator sebagai penentu utama keberhasilan. Inti dari komunikasi ini adalah adanya umpan balik antara komunikan dan komunikator. Sehingga proses tukar menukar informasi berjalan dengan baik, karena proses ini tidak hanya pada satu arah, melainkan saling memberikan informasi. Aspek komunikasi yang terjadi juga yang terjadi antara dosen dengan mahasiswa juga diterapkan oleh dosen kepada mahasiswa, seperti Keterbukaan, Empati, Dukungan, Rasa Positif dan Kesamaan. Karena proses komunikasi antar persona ini membuat mahasiswa merasa diperhatikan, dan menjadi semangat bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya dan menjadi berhasil.

Kata Kunci: Pola Komunikasi Antar Persona

Downloads

Published

2017-12-18

How to Cite

Pantow, M., Kawengian, D. D. V., & Marentek, E. A. (2017). POLA KOMUNIKASI ANTAR PERSONA DOSEN DENGAN MAHASISWA DALAM MENENTUKAN KEBERHASILAN MAHASISWA (STUDI PADA AKADEMI KEPERAWATAN BETHESDA TOMOHON). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/18361

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)