GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI KOTA KOTAMOBAGU

Authors

  • Cindy Molantong
  • Antonius Boham
  • Antonius M. Golung

Abstract

Di era globalisasi pesatnya kemajuan teknologi sangat penting terhadap berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan yang dilakukan di perpustakaan. Untuk dapat bertahan, perpustakaan sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi serta rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan sehingga perlu adanya pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi yang merupakan pengelolah atau penggerak dalam suatu aktivitas.
Pada dasarnya keberhasilan pencapaian tujuan organisasi secara intern ditentukan oleh 2 faktor utama yang mempengaruhi satu dengan yang lainnya yaitu gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh seorang pemimpin organisasi dan para pelaksana yang meliputi keseluruhan bawahan yang ada dalam organisasi tersebut.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana gaya kepemimpinan kepala perpustakaan terhadap motivasi kerja pegawai di kantor arsip dan dokumentasi kota kotamobagu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, di mana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini dan sesuai dengan jawaban yang diberikan dari informan kepada peneliti bahawa gaya kepemimpinan kepala perpustakaan terhadap motivasi kerja pegawai sangatlah penting akan tetapi kepala perpustakaan belum maksimal karena hampir sebagian pegawai kurang termotivasi dalam melaksanakan aktifitas di perpustakaan karena gaya kepemimpinan yang diterapkan cenderung gaya kepemimpinan otoriter sehingga menjadi factor penghabat dalam pelaksanaan di perpustakaan, dan pegawai yang memiliki kemampuan dalam mengolah perpustakaan hanyalah sebagian pegawai yang punya pemahaman yang lebih.
Key Words: Gaya Kepemimpinan, Motivasi

Downloads

How to Cite

Molantong, C., Boham, A., & Golung, A. M. (2015). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DI PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI KOTA KOTAMOBAGU. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7708

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>