Pengelompokan Sekolah Menegah Atas (SMA) di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Stadar Kompetensi Lulusan Tahun 2018 Menggunakan Analisis Gerombol

Authors

  • Agnes Mariana Veronica Sandag
  • Charles E. Mongi Sam Ratulangi University
  • Mans L. Mananohas Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.9.2.2020.28755

Abstract

Standar Nasional Pendidikan merupakan sistem pendidikan yang diterapkan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk Mengelompokan Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Sampel yang diambil adalah 8 Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Minahasa Tenggara. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Random Sampling untuk menetukan sekolah-sekolah yang dijadikan sampel. Penelitian ini dilakuan pada bulan April-Juni 2019. Metode yang digunakan adalah Analisis Komponen Utama dan Analisis Gerombol. Hasil Analisis komponen Utama yaitu KU1,KU2 , dan KU3 yang mewkaili 86,5% dari total variabel dan terbentuk 3 kelompok Sekolah Menengah Atas dengan Menggunakan Analisis Gerombol. Gerombol pertama terdiri dari 6 SMA yaitu SMA N 1 Ratahan, SMA SMA N 1 Tombatu, SMA N 1 Belang, SMA N 1 Pusomaen, SMAAdvent Ratahan, dan SMA N 1 Ratahan TImur. Gerombol kedua terdiri dari 1 SMA yaitu SMA 1 Toluaan. Gerombol ketiga terdiri dari 1 SMA yaitu SMA N 2 Ratahan.

 

  

Author Biographies

Agnes Mariana Veronica Sandag

Universitas Sam Ratulangi

Charles E. Mongi, Sam Ratulangi University

Jurusan Matematika

Mans L. Mananohas, Sam Ratulangi University

Jurusan Matematika

Downloads

Published

2021-01-02

How to Cite

Sandag, A. M. V., Mongi, C. E., & Mananohas, M. L. (2021). Pengelompokan Sekolah Menegah Atas (SMA) di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Stadar Kompetensi Lulusan Tahun 2018 Menggunakan Analisis Gerombol. d’Cartesian, 9(2), 113–119. https://doi.org/10.35799/dc.9.2.2020.28755

Most read articles by the same author(s)

> >>