Label Halal dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Produk Kosmetik
Studi Kasus Gen Z di Jabodetabek
Keywords:
Label Halal, keputusan pembelian, pengetahuan produkAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak label halal dan pengetahuan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal pada generasi Z di wilayah Jabodetabek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuisioner yang di isi oleh responden, terkait label halal dan pengetahuan terhadap keputusan konsumen menggunakan produk kosmetik. Adapun populasi penelitian ini mencakup generasi Z di wilayah Jabodetabek dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen pengumpulan data, serta analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi Smart PLS 3. Pemilihan sampel menggunakan metode acak sederhana dan sebanyak 100 responden terpilih untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan, label halal dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal pada generasi Z di wilayah Jabodetabek. Secara spesifik variable label halal dan secara parsial pengetahuan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan produk kosmetik halal di Jabodetabek. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti batasan geografis dan kurangnya pertimbangan terhadap beberapa variabel eksternal. Oleh karena itu, disarankan agar upaya penelitian selanjutnya memperluas cakupan dan mempertimbangkan faktor eksternal tambahan.
References
Adianti, S. N., & Ayuningrum, F. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Al-fatih Global Mulia, 5(1), 45-56.
Agusty, L. E., & Muttaqin, A. A. (2022). Analisis pengaruh label halal, kesadaran halal, dan persepsi atas produk halal dalam pembelian kosmetik halal. Islamic Economics and finance in Focus, 1(4), 373-387.
Andriani, L. (2017). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Bandar Lampung.
Amin, M. A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(3), 151-164.
Ernawati, T. (2015). Pengaruh Label Halal dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Kosmetik (Studi Kasus: Mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta). Khasanah, R. N., Wahab, Z., & Nailis, W. (2014). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Palembang). Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 133-150.
Hakiki, H., & Priantina, A. (2024). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Religiusitas Terhadap Preferensi Halal Pada Produk Kosmetik di kalangan Gen Z. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 10(1), 80-95.
Ilwan, B. M., MS, M., & Ramelan, M. R. (2022). PENGARUH LABEL HALAL, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN WARDAH DI INDONESIA. Journal of Syntax Literate, 7(9).
Kamilah, G., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh labelisasi halal dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(2).
Khasanah, R. N., Wahab, Z., & Nailis, W. (2014). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Palembang). Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 133-150.
Khofifah, S., & Supriyanto, A. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merek, Online Customer Review, Selebrity Endorsement Dan Perceived Advertising Value Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Yang Bersertifikat Halal. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 15(1), 1-13.
Khuwaroh, K., Widarko, A., & ABS, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Label Halal, Keamanan Bahan, Promosi, dan Harga Pada Produk Kosmetik Sariayu Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2015-2018 Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(05).
Maharani, N. K., & Silvia, A. (2019). Analisis pengaruh pengetahuan dan religiusitas terhadap niat pembelian produk kosmetik halal. Al-Urban, 3(1), 81-94.
Matondang, Z., Fadlilah, H., & Saefullah, A. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Label Halal, dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 18-38.
Nurudin, N. (2023). Pengaruh Label Halal dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 2(1), 1-14.
Pahutar, I., Pristiyono, P., & Simanjuntak, D. (2023). Analisis Tingkat Pengetahuan Konsumen dan Label Halal terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 1108-1118.Sitompul, S., & Medan, S. T. I. E. I. (2021). Pengaruh pengetahuan label halal dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian kosmetik melalui rekomendasi kelompok sebagai variabel moderating. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 51-64.
Sadzalia, S. (2015). Pengaruh label halal dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Setyawati, H. A. (2021). Pengaruh pengetahuan produk dan religiusitas terhadap keputusan pembelian dengan sikap sebagai variabel intervening. Accounting and Management journal, 5(1), 3946.
Suwarno, W. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Sikap, dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Produk Fashion Kulit Halal. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 14(1).
Widodo, T. (2016). Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Indomie (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Widyaningrum, P. W. (2017). Pengaruh label halal dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian (Survei pada konsumen Wardah di Ponorogo). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(2), 83-98.
Kemlu. (2022, 05 20). Peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi pusat produsen halal dunia. Retrieved from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/vienna/id/news/18866/peluang-besar-bagi-indonesia-untuk-menjadi-pusat-produsen-halal-dunia
Perindustrian, K. (n.d.). Perkembangan Industri Kosmetik Nasional. Retrieved from Kementerian Perindustrian: http://ikft.kemenperin.go.id/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.