Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian
(Studi Pada Pengguna Scarlet Whitening di Kota Samarinda)
DOI:
https://doi.org/10.35797/jab.13.2.116-120Kata Kunci:
Celebrity Endorsers; Instagram social media advertising; and purchase decisionsAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorser dan iklan media sosial instagram terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan responden 100 orang di kota Samarinda yang menggunakan produk scarlett whitening penggumpulan data melalui kuesioner selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan teknik uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji f. Hasil dari penelitian menunjukkan secara parsial variabel celebrity endorser dan iklan media sosial instagram berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk scarlett whitening. Secara simultan variabel celebrity endorser dan iklan media sosial instagram juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening.
Referensi
Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia. AMAR (Andalas Management Review), 4(2), 16–31. https://doi.org/10.25077/amar.4.2.16-31.2020
Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.
Eneng, Purnaningsih, N., & Muksin, N. H. (2020). Pengaruh Influencer dan Sosial Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan Goreng di Serpong. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin Universitas Muhammadiyah Tangerang, 2(2014), 2020. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/index
Hidayati, N. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shape Shape Pekanbaru.
Joan, V. (2022). Produk Kecantikan Tembus Transaksi Rp210 Miliar, Brand Lokal Terfavorit.
Lee, J. (2022). Pengaruh Celebrity Endroser, Dan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen E-Commerce Lazada Pada Masyarakat Kota Batam. Retrieved from http://repository.upbatam.ac.id/1400/1/cover s.d bab III.pdf
Rachmaningtyas, P., & Surianto, M. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobistek, 11(4), 389–396. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i4.459
Stefani, J., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Media Sosial Youtube Sebagai Sarana Cyber Branding Terhadap Keputusan Pembelian Neo Coffee. Prologia, 4(2), 426. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6910
Suwardi, A., & Yusuf, R. (2021). PengaruSuwardi, A., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Kimber (@Kimbershoes ). JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 144–156.h Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pem. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 144–156.
Vija, A. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik pada Mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang Oleh : Vija Aida Kata kunci : Iklan , Media Sosial , Instagram , Keputusan Pembelian ., 569, 999.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.