IDENTIFIKASI FAKTOR KUNCI SUKSES INDUSTRI GEOSPASIAL DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.40100Abstract
Industri geospasial menjadi industri yang terus berkembang dan memiliki peluang besar bagi para pelaku bisnis. Kondisi ini membuat intensitas persaingan di industri meningkat, sehingga perusahaan memerlukan adanya keunggulan bersaing sebagai upaya untuk bertahan di industri. Tahap utama untuk memiliki keunggulan bersaing adalah harus mengetahui faktor kunci sukses di industri tersebut. Terbatasnya informasi terkait industri ini membuat perusahaan masih sulit untuk mengetahui faktor kunci sukses industri geospasial. Penelitian ini bertujuan membantu perusahaan agar dapat bersaing di industri dengan mengidentifikasi faktor kunci sukses industri geospasial di Indonesia. Pendekatan kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan pengumpulan data melalui wawancara analisis dokumen serta analisis data dilakukan dengan metode analisis tematik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa setidaknya terdapat lima faktor kunci sukses industri geospasial yaitu kemampuan analisis, ketersediaan sumber daya manusia, ketersediaan perangkat kerja, portofolio pengerjaan proyek dan kemampuan finansial perusahaan. Kelima faktor kunci sukses ini sudah seharusnya dimiliki dan ditambah dengan pengembangan masing-masing perusahaan sehingga dapat menjadi keunggulan bersaing bagi perusahaan di industri geospasial.
References
Aaker, D. A. (1984). How to Select a Business Strategy. California Management Review, 26(3), 167–175. https://doi.org/10.2307/41165087
Akinyode, B. F., & Khan, T. H. (2018). Step by step approach for qualitative data analysis. International Journal of Built Environment and Sustainability, 5(3). https://doi.org/10.11113/ijbes.v5.n3.267
Ali, M. Y., & Kodrat, Dr. D. S. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Pada Perusahaan Mitra Jaya Abadi. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 2(1).
Barney, J. B. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management.
Bullen, C. V., & Rockart, J. F. (1981). A Primer On Critical Success Factors. Massachusetts Institute of Technology, 75.
David, F. R. (2011). Strategic Management: Concepts and Cases. Pearson.
Friend, G., & Zehle, S. (2004). Guide to Business Planning. The Economist Newspaper Ltd.
Grunert, K. G., & Ellegaard, C. (1992). The Concept of Key Success Factors: Theory and Method. MAPP, 33.
Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Howard, J. A. (1990). Remote Sensing of Forest Resources: Theory and Application. Chapman and Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15 [edition]). Pearson.
LKPP. (2017). LKPP Dampingi Pengadaan di Badan Informasi Geospasial. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. http://www.lkpp.go.id/v3/#/read/4618
Medlin, C. J., & Ellegaard, C. (2015). Conceptualizing competition and rivalry in a networking business market. Industrial Marketing Management, 51, 131–140. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2015.05.009
Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515
Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).
Ningsih, A. E., Awaluddin, M., & Yuwono, B. D. (2014). Kajian Pengukuran Dan Pemetaan Bidang Tanah Metode DGPS Post Processing Dengan Menggunakan Receiver Trimble Geoxt 3000 Series. Jurnal Geodesi Undip, 3, 15.
Nurhayati, I., Susetyo, B., Eosina, P., & Purnahayu, I. (2017). Analisis Daya Saing Industri Informasi Geospasial di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional XII “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2018” Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta, 16.
Porter, M. E. (1997). Competitive Strategy. Measuring Business Excellence, 1(2), 12–17.
Pitoy, R. R., Saerang, I. S., & Tulung, J. E. (2022). Reaksi Pasar Modal Terhadap Disahkannya RUU Cipta Kerja Menjadi Undang-Undang Pada Emiten Perbankan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1).
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.
Thompson, Jr. A. A., Petraf, M. A., Gamble, J. E., & Strickland III, A. J. (2018). Crafting and Executing Strategy-The Quest for Competitive Advantage: Concept and Cases (21st ed.). McGraw-Hill.
Tulung, J.E. & Ramdani, D, (2016). “The Influence of Top Management Team Characteristics on BPD Performance”. International Research Journal of Business Studies, Volume 8 Nomor 3, 155-166. http://irjbs.com/index.php/jurnalirjbs/article/view/1147
Vives, X. (2019). Competition and stability in modern banking: A post-crisis perspective. International Journal of Industrial Organization, 64, 55–69. https://doi.org/10.1016/j.ijindorg.2018.08.011
Zeithaml, V. A. (2000). Service Quality, Profitability, and the Economic Worth of Customers: What We Know and What We Need to Learn. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(1), 67–85. https://doi.org/10.1177/0092070300281007