KAJIAN STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI PADA UMKM MELALUI MODEL TECHNOLOGY ACCEPTENCE MODEL DI JAMAN DISRUPSI TEKNOLOGI DAN COVID-19
KAJIAN STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI PADA UMKM MELALUI MODEL TECHNOLOGY ACCEPTENCE MODEL DI JAMAN DISRUPSI TEKNOLOGI DAN COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.43957Abstract
Abstract. Digital business transformation is organizational change through the use of digital technology to improve organizational performance. Today managers and corporate leaders in the traditional sector must follow the trends of digital business transformation, needing to change organizational routines and structures to meet the challenges of the digital age. Companies need to understand the phenomenon and development of digital transformation strategies, this research has a special stage in the process of digital business transformation from empirical data. To better understand and explore the relevance of managing digital transformation, we use nine-dimensional digital maturity. Data collection was conducted using surveys using questionnaires with google form on 92 people from various MSME fields. The survey data, processed using rasch algorithms and cluster analysis to obtain the five stages of maturity. The results showed that in the digital transformation variable obtained a calculated value of 3,098 with a significance level of 0.866. It can be concluded that thitung (3,098) > ttabel (1,987) and0.003 < 0. 05 which shows that the Digital Transformation variable partially affects the Technology Acceptance Model (TAM) while the digital marketing variable has a calculated value of 7,074 with a significance level of 0.866. It can be concluded that thitung (3,098) < ttabel (1,987) and 0,000 > 0.05 which shows that digital marketing variables partially affect the Technology Acceptance Model (TAM).
Abstrak. Transformasi bisnis digital adalah perubahan organisasi melalui penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja organisasi. Saat ini manajer dan pimpinan perusahaan di sektor tradisional harus mengikuti tren transformasi bisnis digital, perlu mengubah rutinitas dan struktur organisasi untuk memenuhi tantangan era digital. Perusahaan perlu memahami tentang fenomena dan pengembangan strategi transformasi digital, penelitian ini mempunyai tahapan khas dalam proses transformasi bisnis digital dari data empiris. Untuk lebih memahami dan mendalami relevansi untuk mengelola transformasi digital digunakan sembilan dimensi maturitas digital. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei menggunakan kuesioner dengan google form pada 92 orang dari berbagai bidang UMKM. Data survei, diolah menggunakan algoritma rasch dan analisis cluster untuk mendapatkan lima tahap kematangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel transformasi digital diperoleh nilai thitung sebesar 3.098 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,866. Dapat disimpulkan bahwa thitung (3.098) > ttabel (1.987) dan 0.003 < 0.05 yang menunjukkan bahwa variabel Transformasi Digital secara parsial berpengaruh terhadap Technology Acceptance Model (TAM) sementara pada variabel digital marketing memiliki nilai thitung sebesar 7.074 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,866. Dapat disimpulkan bahwa thitung (3.098) < ttabel (1,987) dan 0.000 > 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel Digital Marketing secara parsial berpengaruh terhadap Technology Acceptance Model (TAM).
References
Achjari, D., Abdillah, W., Suryaningsum, S., & Suratman, S. (2011). Kesiapan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Industri Kreatif Untuk Mengadopsi Teknologi Informasi. Jurnal Akuntansi Dan Auditing Indonesia, 15(2), 143–160. https://journal.uii.ac.id/JAAI/article/view/3748
Dermawansyah, M., Rizqi, R. M., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Teknologi, U. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 52–62.
Diandra, D., & Syahputra, E. (2021).Peran E-Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Perusahaan Di Era Inovasi Digital: Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam). Prosiding SNasPPM, 6(1), 115–119. https://pmat.unirow.ac.id/prosiding/index.php/SNasPPM/article/view/513.
Fitriasari, F. (2020). How do Small and Medium Enterprises ( SMEs ) survive the COVID-19 outbreak ? Research method. 05(02), 53–62.
Fika, S., Salsabilla, W., & Batangriyan, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di PT . Central Global Network. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 2(2), 1–12.
Febrianti, T. (2021). Modifikasi Technology Acceptance Model Untuk Internet Tv Di Indonesia. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 11(1), 10–32. https://doi.org/10.34010/jurisma.v11i1.3160
Hamidah, Q. R., Sejati, A. T. P., & Mujahidah, A. Z. (2019). The Development of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Tecnology to Deal with The Industrial Revolution 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1), 345. https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.38431
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39.
Irawati, A. E., & Suhartono, E. (2020). Analisis Technology Acceptance Model Aplikasi Linkaja. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(3), 164. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i3.28615
Yonggara, Y., Murni, S., & Tulung, J. E. (2021). Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Berbasis Tingkat Struktur Modal Pada Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.31327