GIG ECONOMY: PERILAKU KEPUASAN PENGEMUDI OJEK ONLINE PADA LAYANAN PENGIRIMAN RESTORAN CEPAT SAJI

Authors

  • Ernolita Kartika Apriliani Universitas Surabaya
  • Mintarti Ariani Universitas Surabaya
  • Idfi Setyaningrum Universitas Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.51568

Abstract

Abstract. The aim of this research is to determine the level of satisfaction of online motorcycle taxi driver partners in Surabaya. The research method used is a quantitative method with data collection through questionnaires using a Likert scale. This study uses the dimensions of service quality at a fast food restaurant in Surabaya using the Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA) data analysis methods. The results showed that the overall satisfaction level of online motorcycle taxi driver partners at a restaurant in Surabaya based on the Customer Satisfaction Index (CSI) method obtained results of 82.86% in the "satisfied" category. The results obtained by the Cartesian Importance Performance Analysis (IPA) diagram show that there are attributes that need to be repaired, increased, reduced in intensity, and maintained as expected by online motorcycle taxi driver partners in Surabaya.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mitra driver ojek online di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan dimensi kualitas pelayanan pada restoran cepat saji di Surabaya dengan menggunakan metode analisis data Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan mitra pengemudi ojek online pada sebuah restoran di Surabaya berdasarkan metode Customer Satisfaction Index (CSI) memperoleh hasil sebesar 82,86% dengan kategori “puas”. Hasil yang diperoleh diagram Cartesian Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa terdapat atribut-atribut yang perlu diperbaiki, ditingkatkan, dikurangi intensitasnya, dan dipertahankan sesuai dengan yang diharapkan oleh mitra pengemudi ojek online di Surabaya..

References

Anggraini, L. D., Daeranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index the Analysis of Consumer Perception Used Importance Performance Analysis Method and. Jurnal Industri, 4(2), 74–81.

Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Kembali Cat Dulux Di Depo Keramik Katapang Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35854

Danawira, A. (2019). Pengaruh differensiasi produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian makanan cepat saji Richeese factory Rempoa. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 76-87.

Handrawan, M. A. R., Setyaningrum, I., & Ariani, M. (2021). Perkembangan Dan Dampak Positif Dan Negatif E‐Commerce Bagi Umkm Sektor Furnitur Dan Konsumen. Calyptra, 9(2).

Hidayati, S. (2019). Teori ekonomi mikro. Beaya Produksi, (1).

Indrianawati, E., & Soesatyo, Y. (2015). Pengaruh tingkat pendapatan dan pengetahuan ekonomi terhadap tingkat konsumsi mahasiswa program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, 3(2), 214-226.

Iswari, I. A. I. M., Wiranatha, A. A. P. A. S., & Satriawan, I. K. (2015). Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan jasa dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (studi kasus di Restoran Warung Subak, Peguyangan Denpasar). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 3(3), 51–60.

Masakazu, K. M., Sisdianto, E., Suwardika, G., & Nugroho, D. S. (2023). Peran Digital Freelancer Marketplace dan Media Sosial Terhadap Perkembangan Gig Economy Worker. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 214-225.

Meijerink J & Keegan A (2019). Conceptualizing human resource management in the gig economy. Journal of Managerial Psychology, 34(4), 214–232.

Puspitarini, R., & Basit, A. (2020). Persoalan Struktural Ekonomi Gig: Studi Kasus Start-Up Bisnis Transportasi Daring Di Indonesia. Media Bina Ilmiah, 15(4), 4327-4336.

Sumaedi, S., & Yarmen, M. (2015). Measuring Perceived Service Quality of Fast Food Restaurant in Islamic Country: A Conceptual Framework. Procedia Food Science, 3, 119–131.

Sumarlijati, T., Suprihanta, C. P., & Setiawan, I. T. (2021). Factors In Purchase Intention Of Foreign Soccer Club Jersey. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35661

Sunyoto, D., & Saksono, Y. (2022). Perilaku konsumen.

Talapatra, S., Santos, G., & Gain, A. (2022). Factors Affecting Customer Satisfaction in Eatery Business – an Empirical Study From Bangladesh. International Journal for Quality Research, 16(1), 163–176.

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2021). Services marketing: People, technology, strategy. World Scientific.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Apriliani, E. K., Ariani, M., & Setyaningrum, I. (2023). GIG ECONOMY: PERILAKU KEPUASAN PENGEMUDI OJEK ONLINE PADA LAYANAN PENGIRIMAN RESTORAN CEPAT SAJI. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), 2072–2082. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.51568