Pengaruh Religiusitas, Risiko, Penanganan Keluhan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44486Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui religiusitas, risiko, penanganan keluhan konsumen terhadap keputusan penggunaan shopee paylater dengan minat sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode survei. Data yang didapat dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat desa pematang johar sebanyak 100 responden. Metode yang dibuat dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan shopee paylater. Risiko tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan shopee paylater. Sedangkan penanganan keluhan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan shopee paylater. Religiusitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat. Risiko tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat. Penanganan keluhan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat. Sementara untuk keputusan penggunaan shopee paylater berpengaruh terhadap minat.
kata kunci : Religiusitas, Risiko, Penanganan Keluhan Konsumen, Penggunaan Shopee Playlater, Minat
Referensi
Anatasya, N., (2020). Pengaruh Penggunaan Fotur Shopee paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FISIP USU. Repository Institusi Universitas Sumatera Utara
Darmawi, H. 2006. Manajemen Risiko.Cetakan kesepuluh. Jakarta : Bumi Aksara.
Dedi Purwana dan Nurdin Hidayat, 2018. Studi Kelayakan Bisnis, Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Djojosoedarso, S. 1999. Prinsip-PrinsipManajemen Risiko dan Ansuransi. Jakarta : Salemba Empat
Faisol. A., Asiyah. S., Fitria. A., (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Shopee. e Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Unisma Vol.10, No.4.
Fajar Andriana. 2017.Pengaruh Kepercayaan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Fiber Di Pt.Telkom Divisi Regional Iii Home Service Ii Bandung. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Komputer Indonesia
Fanny, A., P., & Sri, S., I., (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopeepaylater. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 8, No. 3
Harahap, R. S. (2020). Pengaruh pengetahuan tentang riba dan religiusitas terhadap keputusan. Skripsi
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Kristiawan, A., Nursalin, K. K., Gunawan, I., & F.Yo, J. A. (2021). Pengaruh Pengalaman Berbelanja Online Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan (Segmen : Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha Pelanggan Shopee Dan Jd.Id). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107
Monica, M. A. 2020. Analisis Hukum Islam Terhadap Pinjaman Uang Elektronik Shopeepaylater Pada E-Commerce. Fakultas Syariah dan Hukum, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Nasir, M. D. A. (2020). Religiusitas Mahasiswa Perbankan Syariah S1 Uin Malang Yang Menggunakan Jasa Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 2129. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jes/article/view/1439
Palinggi, S., & Limbongan, E. C. (2020). Pengaruh Internet Terhadap Industri E-Commerce Dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan Di Indonesia. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 4(1), 226.
Pavlou PA. 2010. Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trustand Risk with the Technology Acceptance Model. International Journal ofElectronic Commerce. 7 (3): 69-103.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suharman. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Aplikasi Online Start-Up Di Kota Medan. JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN, 7(3), 260
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Sugiyono.+++2011.+Metode+++Penelitian+++Kualitatif%2C+Kuantitatif%2C+dan+R%26D.+Bandung%3A+Alfabeta.&btnG=
Tarigan, AzhariAkmal. 2012. Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi; Sebuah Eksplorasi Melalui Kata-kata Kunci Dalam Al-Qur‟an. Citapustaka Media Perintis.Medan
Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa. Yogyakarta:CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality dan Satisvaction Edisi 4. Yogyakarta:CV Andi Offset.
Wafa, Ah Khairul, Tinjauan Hukum Ekonomi Syariiah Terhadap ShopeePayLater, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol.4, No. 1, 2020.
Wildan, Muhammad. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech). Skripsi Sarjana tidak diterbitkan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021). Pengaruh Religiusitas, Persepsi Dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 51. https://doi.org/10.46367/jps.v2i2.342